visitaaponce.com

Kominfo Perhumas Mitra Strategis Pemerintah dalam Memperluas Kepemimpinan Indonesia

Kominfo: Perhumas Mitra Strategis Pemerintah dalam Memperluas Kepemimpinan Indonesia
Sejumlah warga membentangkan Bendera Merah Puti di lahan pertanian kaki gunung.(Antara)

PERHIMPUNAN Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) merupakan mitra pemerintah yang strategis untuk memperluas pengaruh kepemimpinan Indonesia di kancah global.

Hal itu ditekankan Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong. Menurutnya, eksistensi Perhumas yang luas dan kemitraan berskala internasional, dapat mempercepat aktivitas nation branding Indonesia.

“Program internasional Perhumas dan upaya menjadi barometer membangun reputasi Indonesia. Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memperluas pengaruh Indonesia," ujar Usman dalam keterangannya, Minggu (3/7). 

Baca juga: PR Unggul Memperkuat Perusahaan Baik Internal Maupun Eksternal

"Apalagi Perhumas kini berusia 50 tahun. Sebuah usia yang matang dan menjadi kepercayaan dalam melakukan upaya membangun saling pengertian di tengah kompleksitas dan ketidakpastian global," imbuhnya.

Usman menjelaskan bahwa upaya nation branding menjadi tugas bersama. Menurutnya, adanya kolaborasi multipihak, termasuk Perhumas, menjadi kunci keberhasilan. 

Kepemimpinan Indonesia di dunia semakin terasa melalui Presidensi G20. Hal ini merupakan pembuktian, Indonesia merupakan negara berpengaruh yang memiliki peranan strategis, begitu juga peranan humas di dalamnya.

Ketua Umum Perhumas Boy Kelana Soebroto mengatakan momen usia emas ini menjadi hal istimewa. Sehingga, perlu diisi dengan aktivitas yang bisa menjadikan makna secara eksplisit dan bermanfaat bagi semua pihak.

Sebagai organisasi profesi humas tertua di Indonesia dan menjadi acuan dalam aktivitas kehumasan nasional, Perhumas mengajak organisasi serumpun lainnya untuk sama-sama mengakselerasi Indonesia, yang lebih baik secara tepat dan kontekstual.

Baca juga: Perhumas Ikut Sukseskan Pertemuan G20 Lewat Indonesia Bicara Baik

“Upaya membangun citra dan reputasi Indonesia di kancah dunia, bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, perlu kolaborasi secara berkelanjutan. Mengingat, membangun citra dan komunikasi membutuhkan konsistensi dan kontinuitas,” tutur Boy, yang juga Head of Corporate Communications Astra.

Seremoni menuju 50 Tahun Perhumas dilaksanakan secara luring dan daring. Ketua panitia pelaksana 50 Tahun Perhumas Troy Reza Warokka menyampaikan tema yang diusung berjudul “Inspirasi Indonesia untuk Maju Bersama”.

Hal itu diterjemahkan sebagai momentum berkumpulnya humas muda se-Indonesia. Serta, penerbitan buku 50 tahun Perhumas sebagai sebuah legacy untuk dunia kehumasan di Tanah Air.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat