visitaaponce.com

Jaro Ade Apresiasi Sinergitas Antam dan Masyarakat Nanggung Bogor

Jaro Ade Apresiasi Sinergitas Antam dan Masyarakat Nanggung Bogor
Mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Jaro Ade dalam halal bihalal dan santunan 200 anak yatim, di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.(Ist)

MASYARAKAT Nanggung, Kabupaten Bogor, dan PT Antam Pongkor diharapkan bisa hidup berdampingan dalam suasana yang kondusif dan menumbuhkan hubungan yang saling memberikan manfaat.

Hal itu disampaikan tokoh masyarakat Kabupaten Bogor, Jaro Ade, dalam halal bihalal dan santunan 200 anak yatim, di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jabar. Turut hadir, General Manager (GM) PT Antam Muhidin, ulama, dan tokoh masyarakat sekitar.

"Antam harus dijaga oleh masyarakat sesuai haknya, tetapi juga harus bijak menyikapi masalah sosial yang terjadi di lingkungan sekitar tambang," ungkap Jaro Ade, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/5).

Baca juga : Ridwan Kamil: Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang Sudah Berjalan

Menurut Mantan Ketua DPRD Kabupaten Bogor itu, sinergi bisa dilakukan dari mulai infrastruktur, seperti jalan, reklamasi pasca tambang, pengadaan keperluan tambang, pengelolaan tambang yang memberikan keuntungan, dan efektivitas proses tambang.

"Dituntut pula peran semua lapisan masyarakat pada berbagai tingkatan," ujar calon Bupati Bogor terkuat berdasarkan survei Charta Politika tersebut.

Jaro Ade juga menilai langkah anggota DPR Adian Napitupulu sudah cukup membantu dalam menciptakan suasana damai dengan tetap peduli terhadap lingkungan sekitar tambang.

Baca juga : Ridwan Kamil Cek Persiapan Pengerjaan Jalan Tambang Bogor

"Dia membentuk koperasi, kerja sama dengan semua elemen masyarat LSM, dan kelompok masyarakat lain," tutur pemilik nama asli Ade Ruhandi ini.

Dari sisi infrastruktur, Jaro Ade mengatakan bisa berkoordinasi dengan anggota DPR Fraksi Gerindra Mulyadi agar ada percepatan pembenahannya.

Adapun dari aspek lingkungan hidup misalnya bibit tanaman dalam upaya menjaga lingkungan, ada Ravindra Airlangga dari fraksi Golkar yang juga bisa dilibatkan dan dikomunikasikan.

Sementara itu, anggota DPR lainnya, Elly Yassin, juga bisa maksimal dalam optimalisasi program corporate social responsibility (CSR) dan mendorong penyelesaian masjid besar Bantar Karet, Nanggung.

"Menambang silahkan saja karena untuk kepentingan bangsa dan negara. Namun, Antam harus juga peduli dengan masyarakat kecil sekitar, agar tetap terwujud keharmonisan bersama," tutup Jaro Ade. (RO/S-2) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat