visitaaponce.com

Ridwan Kamil Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang Sudah Berjalan

Ridwan Kamil: Pembangunan Tol Khusus Truk Tambang Sudah Berjalan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil(Antara)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pembangunan jalan tol khusus truk tambang sepanjang 11,5 kilometer yang menghubungkan Rumpin-Parungpanjang, Kabupaten Bogor, sudah berjalan.

"Dapat saya sampaikan, jalan khusus tambang ini sudah dimulai. Lahan sudah terbebaskan dan jalan sudah terbentuk meski masih berbentuk tanah," ujar Ridwan saat meninjau lokasi pembangunan jalan tambang, di Desa Rengasjajar, Cigudeg, Bogor, Senin (29/5).

Ia mengatakan jalur transportasi tambang adalah hal baru di Indonesia. Oleh karena itu,
perlu ada aturan yang menjadi dasar pembangunan jalan tersebut. Kementerian ESDM pun telah menerbitkan aturan khusus sebagai izin pembangunan.

Baca juga: Ridwan Kamil Cek Persiapan Pengerjaan Jalan Tambang Bogor

"Jadi ini inovasi yang dimulai dari regulasi dulu. Menteri ESDM bahkan mengeluarkan peraturan menteri khusus untuk jalur ini. Jadi proses jalan terus, untuk Amdal dan sebagainya, sehingga diharapkan satu tahun dari sekarang insya Allah bisa beroperasi," sambung pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Jalan khusus tersebut akan melewati 12 jembatan serta memiliki 8 titik keluar-masuk dan akan terhubung dengan Jalan Tol JORR III.

Baca juga: Suvei: Ridwan Kamil Cawapres Terpopuler

Dia berharap, jika sudah rampung dan beroperasi, tidak ada lagi truk tambang yang menggunakan jalan umum karena mengganggu aktivitas masyarakat bahkan kerap menimbulkan kecelakaan yang merenggut korban jiwa.

"Kalau ini selesai, insya Allah tidak akan terjadi lagi percampuran yang menyebabkan banyak kemudaratan dan kematian. Untuk jalur umum, nantikita akan aspal. Saya sudah perintahkan itu akan dikerjakan setelah jalur tambangnya beres," tegasnya.

Pembangunan jalan khusus truk tambang ini merupakan janji Ridwan Kamil kepada masyarakat untuk mengatasi sejumlah permasalahan akibat banyaknya truk tambang yang melintas di jalan arteri wilayah barat dan utara Kabupaten Bogor. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat