visitaaponce.com

Promosikan Potensi Wisata Sungai Mahakam Di Kaltim Melalui Sport Tourism

Promosikan Potensi Wisata Sungai Mahakam Di Kaltim Melalui Sport Tourism
Ilustrasi arum jeram di Sungai Mahakam.(WWF/Arbiyansyach Jueng)

Kalimantan Timur saat ini tengah dipersiapkan untuk menjadi Ibukota Nusantara dan diproyeksikan akan menjadi kota metropolitan rendah karbon dengan konsep sustainable, green, dan technology advanced.

Selain itu, Kalimantan Timur juga memiliki potensi wisata yang besar, salah satunya Sungai Mahakam yang merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur dengan panjang 920 km. Sungai ini pun telah menjadi representasi yang menghubungkan berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Guna mempromosikan potensi wisata di Kalimantan Timur, akan diselenggaran event nasional yakni Mahakam 10K dengan mengusung tema nature, food, and people for sport tourism.

"Olahraga lari sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang senang lari, apalagi kalau melintasi area yang memanjakan mata. Di pinggiran Sungai Mahakam, banyak spot yang menarik, salah satunya jembatan Mahakam. Nah, kami pilih event Mahakam 10K 2022 karena dengan adanya pandemi covid-19 kemarin masyarakat sudah rindu akan aktivitas outdoor yang menyehatkan, selain tubuh menjadi bugar, masyarakat juga bisa mengenal lebih jauh tentang Sungai Mahakam,” ungkap Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian dilansir dari keterangan resmi, Selasa (5/7).

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa ajang ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 dengan membawa pesan gelora Hari Kemerdekaan RI.

“Dengan adanya Ibukota Nusantara, sudah selayaknya masyarakat dari berbagai kalangan termasuk pelajar dan teman-teman disabilitas ikut menyemarakkan kegiatan ini. Kita tunjukkan pada dunia bahwa Kalimantan Timur siap menjadi pusat peradaban baru Indonesia,” tuturnya.

Sementara ini, Ketua Pelaksana Mahakam 10K Siswanda H. Sumarto menambahkan bajwa di tepian Sungai Mahakam terdapat jalur lintasan yang sering dipakai warga untuk jalan-jalan santai dan olahraga. Maka dari itu, menurutnya lintasan di tepian Sungai Mahakam sangat cocok untuk dijadikan lomba lari.

“Kami mengutamakan konsep sport tourism untuk event lomba lari ini. Alasannya sederhana, Sungai Mahakam dan umumnya Kalimantan Timur punya beberapa objek wisata menarik, tapi masih banyak orang di Indonesia belum mengenalnya. Di sekitar Mahakam juga, setiap hari ada saja orang senang olahraga lari. Jadi, sangat cocok kalau pengenalan potensi wisata di Mahakam melalui penyelenggaraan lomba lari.” Kata Siswanda.

Mahakam 10K 2022 akan menjadi agenda olahraga tahunan agar masyarakat luas akan lebih tahu daya tarik tersembunyi di sekitar sungai Mahakam.

Di tempat yang sama, Race Director Mahakam 10K 2022 Husni Kamil menyebutkan bahwa acara ini akan diseleggarakan pada tanggal 21 Agustus 2022 di Hotel Harris Samarinda secara hybrid, yaitu melakukan langsung di Samarinda dan secara virtual dengan kategori 5K khusus pelajar dan 5KM/10KM untuk umum.

“Kami menyiapkan event ini secara teknis maupun non teknis bagi para peserta agar merasa aman dan nyaman, terutama soal prokes. Mengingat pandemi belum berakhir dan untuk menjaga keamanan bersama,” pungkas Husni Kamil. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat