visitaaponce.com

Banjarmasin Bersiap Jadi Kota Penyangga Logistik IKN

Banjarmasin Bersiap Jadi Kota Penyangga Logistik IKN
Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.(ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA)

WALI Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ibnu Sina menyampaikan bahwa kotanya menyiapkan diri sebagai penyangga logistik Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk pembangunan jangka panjang.

Menurut dia, arah pembangunan kotanya untuk 20 tahun ke depan dirumuskan untuk mendukung pembangunan IKN di provinsi tetangga, yakni Kalimantan Timur.

Sebagai kota yang memiliki pelabuhan laut atau berseberangan dengan pulau Jawa, khususnya Jawa Timur, arus perdagangan dan jasa serta pengiriman logistik lebih dekat ke Banjarmasin.

Baca juga : Kantor Kemenko 1 di IKN Tampung Petugas Upacara HUT ke-79 RI

"Jadi akses terdekat dari pulau Jawa sebagai pusat produksi logistik itu ke Kalimantan, terdekat ke Banjarmasin," tuturnya seperti dilansir dari Antara, Kamis (4/7).

Sebagai kota sungai yang menjadi pusat dagang bahkan untuk pulau Kalimantan, ujar Ibnu Sina, hingga infrastruktur dan lainnya harus terus dibenahi, apalagi menjadi kota menyangga logistik IKN.

Sebab itu, ujar dia, Pemkot Banjarmasin sudah mengajukan pembuatan peraturan daerah terkait rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) 2025-2045 ke DPRD kota setempat, di antaranya merumuskan untuk arah pembangunan menjadi kota penyangga logistik IKN tersebut.

Baca juga : Kaltim Berencana Bangun Pabrik Biodiesel Lewat Investasi Tiongkok

"Ini sangat penting karena jika kita salah merencanakannya, kita berkontribusi pada ketidakjelasan arah pembangunan kota selama 20 tahun mendatang," ujarnya.

Adapun hal-hal yang krusial untuk mendukung arah pembangunan untuk mendukung IKN ini, ungkap Ibnu Sina, pembenahan fasilitas dan sarana pelabuhan laut, serta infrastruktur jalan harus diperbaiki, baik ke arah IKN lewat Hulu Sungai maupun ke Kalimantan Tengah.

Demikian juga usulan pembangunan Jembatan Barito 2 untuk menunjang ini diharapkan dapat sinergi dengan program nasional.

"Semoga ini bisa terwujud, meskipun berganti kepemimpinan, pembangunan harus terus berkelanjutan," ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat