visitaaponce.com

13 Debarkasi Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji Indonesia

13 Debarkasi Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji Indonesia
Potret jemaah haji yang berkumpul di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.(AFP)

OPERASIONAL ibadah haji Indonesia akan segera memasuki fase pemulangan. Adapun jemaah haji dijadwalkan mulai terbang dari Jeddah, Arab Saudi, ke Tanah Air pada 15 Juli 2022.

Kementerian Agama memastikan 13 debarkasi di seluruh wilayah siap menerima kedatangan jemaah haji. “Kita berharap semua berjalan lancar, hingga jamaah sampai ke rumah masing-masing,” kata Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Reguler Ditjen PHU Zainal Ilmi dalam keterangannya, Selasa (12/7).

Baca juga: Sebagian Besar Jamaah Haji Indonesia belum Bayar Dam Lewat Jalur Resmi

Terkait prosedur kesehatan, lanjut Zainal, nantinya ada pemeriksaan suhu badan kepada seluruh jemaah haji. Jika ada jemaah yang mengalami demam di atas 37 derajat Celsius, panitia langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk proses penanganan.

Plh Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Waryono Abdul Ghafur berpesan agar panitia memastikan kembali fasilitas yang telah disiapkan. Dalam hal ini, memiliki kondisi layak dan sesuai prosedur.

"Contohnya, bus yang disediakan untuk membawa pulang dari bandara menuju asrama. Itu perlu dipastikan kelayakannya,” tutur Waryono. 

Baca juga: Hingga Hari Ini, Total 36 Jemaah Haji Meninggal

Kelayakan yang dimaksud tak hanya dari segi fisik, namun juga kesiapan supir yang juga harus berkondisi fit. Pengecekan penting untuk meminimalisir kendala di tengah jalan. Seperti, pecah ban atau supir mengantuk. Menurutnya, perlu diperhatikan karena bisa menghambat kelancaran perjalanan jemaah.

Petugas juga perlu memastikan barang bawaan jemaah tidak ketinggalan, baik di bandara maupun di asrama haji. “Barang bawaan, mohon dipastikan jangan sampai tertukar atau bahkan hilang. Panitia harus menyisir barang jemaah. Jangan sampai ketinggalan di pesawat atau bandara," pungkasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat