visitaaponce.com

Iran Berupaya Bebaskan Warganya yang Ditahan Saudi saat Haji

Iran Berupaya Bebaskan Warganya yang Ditahan Saudi saat Haji
Hossein Amir-Abdollahian.(AFP/Atta Kenare.)

IRAN mengatakan pada Jumat (19/8) bahwa mereka menggunakan semua kekuatan untuk mengamankan pembebasan salah satu warga negaranya yang ditangkap di Arab Saudi selama haji bulan lalu. Khalil Dardmand ditangkap oleh polisi di kota suci Mekah setelah menyelesaikan ritual hajinya. 

Itu dikatakan Kementerian Luar Negeri Iran dalam suatu pernyataan tanpa memberikan rincian lain tentang kasus tersebut. Diplomat top Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan dia berharap peziarah itu bisa segera pulang dengan bantuan Arab Saudi.

"Kementerian ini menggunakan semua kekuatannya untuk membebaskan warga negara Iran ini sesegera mungkin," kata pernyataan itu mengutipnya. Hampir 780.000 peziarah dari luar negeri menghadiri haji tahun ini, menurut pejabat Saudi.

Baca juga: Iran Minta Saudi Bebaskan Warganya yang Ditangkap saat Haji

Pusat kekuatan regional Teheran dan Riyadh tidak memiliki hubungan sejak 2016 ketika pengunjuk rasa Iran menyerang misi diplomatik Saudi di Iran setelah kerajaan itu mengeksekusi ulama oposisi Syiah Nimr al-Nimr.

Sejak April tahun lalu, Irak telah menjadi tuan rumah lima putaran pembicaraan antara Iran yang mayoritas Syiah dan saingannya Sunni, yang mendukung pihak-pihak berseberangan dalam berbagai konflik di seluruh kawasan, termasuk Yaman.

Baca juga: Polisi Berlin Selidiki Presiden Palestina atas Komentar Holocaust

Amir-Abdollahian mengatakan bulan lalu bahwa Iran dan Arab Saudi siap untuk memindahkan pembicaraan ke tingkat yang lebih tinggi, di bidang politik dan publik, setelah putaran sebelumnya terutama di tingkat pejabat keamanan.

Timpalannya dari Irak, Fuad Hussein, mengatakan pada 23 Juli bahwa negaranya sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah pertemuan dari rekan-rekannya dari Saudi dan Iran. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat