visitaaponce.com

Pekan Pemuda Inovasi dan Riset Nasional Pacu Generasi Muda Lakukan Penelitian

Pekan Pemuda Inovasi dan Riset Nasional Pacu Generasi Muda Lakukan Penelitian
PIRN merupakan salah satu cara BRIN untuk menjaring talenta muda Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam melakukan riset.(Dok BRIN)

PEKAN Pemuda Inovasi dan Riset Nasional (PIRN) XX diharapkan dapat membumikan kebiasaan riset di kalangan anak muda. Hal itu diungkapkan oleh Plt. Deputi Sumber Daya Manusia Iptek  BRIN Edy Giri Rachman Putera.

"Sekarang kan kita mudah sekali dapat informasi, dari internet, media, di mana saja. Anak-anak muda kemudian memang bagus dalam pengetahuan, tapi mereka tidak melakukan apa-apa," kata Edy ditemui di Pusat Penelitian Bio Industri Laut BRIN, Lombok (14/7).

Adanya PIRN, kata dia, diharapkan dapat mendorong anak muda untuk terbiasa berpikir kritis supaya mampu menciptakan berbagai inovasi. Pasalnya, meskipun saat ini banyak lulusan sarjana di Indonesia, namun penelitian unggul di Indonesia masih kurang.

Ia juga menilai bahwa saat ini anak muda cederung tidak memiliki minat untuk melakukan penelitian karena semua informasi sudah tersedia secara instan.

Baca jugaMenag Minta Maaf Jika Layanan Haji belum Sesuai Harapan

Baca jugaAyo Kenali BA.5, Varian Omikron Penyebab Infeksi Covid-19 Berulang

"Indonesia juga bisa dibilang sebagai negara yang kaya. Apa-apa ada. Jadi kita tidak terbiasa untuk berpikir create something. Hal itu yang musti diubah," ucap dia.

"Kita mendorong ke sana supaya orang itu tidak berpikir bahwa sesuatu terjadi begitu saja. Kita harus tanamkan pada generasi muda," imbuh dia.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Manajemen Talenta BRIN Raden Arthur Ario Lelono mengungkapkan, ajang PIRN merupakan salah satu cara BRIN untuk menjaring talenta muda Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam melakukan riset. Dengan memberikan pendampingan. Arthur optimistis BRIN dapat menciptakan generasi unggul yang mmampu menciptakan inovasi.

"Kita lihat seperti Kepala BRIN saat ini, beliau merupakan lulusan dari PIRN juga. Saya optimistis bahwa iklim riset bisa tercipta dengan banyaknya ajang-ajang seperti ini," tegas dia.

Adapun, PIRN XX Memasuki hari ke-5. Pada hari ini, Rabu (14/7) peserta dari kelompok guru mempresentasikan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua hari ke belakang. Instruktur Guru IPSK 1 dalam ajang PIRN XX Muhammad Soekarni mengungkapkan, ilmu yang didapatkan guru-guru pada acara tersebut diharapkan dapat disalurkan kepada murid-muridnya kelak.

"Harapan yang penting, karena ini guru, para guru diharapkan bisa membimbing siswanya terutama yang punya kelompok KIR supaya lebih mantap lagi pembinaannya," kata Soekarni. (H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat