visitaaponce.com

Mikroplastik Ancaman Baru Kelestarian Sungai Musi

Mikroplastik Ancaman Baru Kelestarian Sungai Musi
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (14/5)(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) bersama perkumpulan Telapak Sumatera Selatan dan Spora Institut Palembang, ditemukan fakta bahwa kini Sungai Musi tercemar mikroplastik.

"Dalam air dan kami menemukan dalam 100 liter air sungai Musi terdapat 355 partikel mikroplastik" ungkap Direktur Eksekutif Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) Prigi Arisandi dalam keterangan resmi, Senin (18/7).

Lebih lanjut alumni Biologi Universitas Airlangga Surabaya ini menyebutkan bahwa jenis mikroplastik yang paling mendominasi adalah jenis fiber atau benang-benang yang mencapai 80% jenis mikroplastik lainnya adalah granula, fragmen dan filamen.

Mikroplastik, phospat, logam berat dan klorin termasuk dalam kategori senyawa pengganggu hormon, sehingga keberadaanya di sungai akan mengganggu proses pembentukan kelamin ikan.

"Senyawa pengganggu hormon seperi mikroplastik dianggap ikan sebagai hormon esterogenik sehingga dimungkinkan terbentuk lebih banyak ikan dengan jenis kelamin betina dibandingkan Jantan, sayangnya jantan inipun tidak bisa membuahi telur ikan bentina akibatnya terjadi penurunan populasi ikan" ungkap Prigi.

"Tim ESN menemukan permukaan sungai Musi dipenuhi sampah plastik sekali pakai dan keluhan para nelayan dan penjual ikan yang mengeluhkan merosotnya jumla ikan tangakapan dan ukuran ikan yang makin mengecil," ucap dia.

Prigi menyatakan, air Sungai Musi menjadi muara dari puluhan anak-anak sungai Di Sumatra Selatan, tingginya aktivitas alihfungsi lahan di hulu, aktivitas tambang tanpa ijin, perkebunan sawit dan pencemaran industri menimbulkan pencemaran di Sungai Musi, padahal air Sungai Musi digunakan sebagai bahan baku air minum.

"Tingginya tingkat pencemaran bahan-bahan kimia pengganggu hormon memicu gangguan reproduksi ikan yang menurunkan populasi ikan dan punahnya ikan-ikan yang tidak toleran terhadap kadar polutan yang meningkat" ungkap Prigi.

Lebih lanjut peneliti ESN dalam pengambilan sampel air menunjukkan tingginya kadar logam berat Mangan dan Tembaga yang mencapai 0,2 ppm dan 0.06 ppm (standar tidak boleh lebih dari 0,03 ppm).

"Kadar Klorin dan pospat cukup tinggi yaitu untuk klorin 0,16 mg/liter seharusnya tidak boleh lebih dari 0,03 mg/liter sedangkan pospar juga tinggi mencapai 0.59 mg/L, tingginya kadar klorin dan phospat sangat mempengaruhi sistem pernafasan ikan dan mempengaruhi pembentukan telur ikan" ungkap Prigi. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat