visitaaponce.com

Waspada, Inilah Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Waspada, Inilah Gejala Hepatitis Akut pada Anak
Petugas memberikan penyuluhan terkait hepatitis akut saat kegiatan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta.(MI/ANDRI WIDIYANTO)

HEPATITIS akut, belakangan ini, menjadi sorotan publik lantaran jumlahnya yang terus bertambah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar lebih dari 200 anak terinfeksi Hepatitis akut. Bahkan sudah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) dan menyebar di sejumlah negara, termasuk Indonesia. 

Hepatitis adalah peradangan pada organ hati. Infeksi Hepatitis biasanya disebabkan oleh virus Hepatitis. Virus ini memiliki lima tipe yang disebut dengan tipe A, B, C, D dan E.  Kelimanya menular dengan cara yang berbeda dan menyebabkan jenis jenis penyakit yang berbeda dengan pula. Maka itu anda perlu mengetahui gejala Hepatitis tersebut. 

Gejala Hepatitis

Gejala Hepatitis sangat penting dipahami oleh orangtua untuk menjaga buah hati agar mengetahui penanganan yang tepat bagi buah hati. 

Baca juga: Dokter Laporkan Perburukan Gejala Hepatitis Akut Berat Berlangsung Cepat

Gejala Hepatitis dapat meliputi jaundice, yang berciri kuning pada kulit dan juga mata. Selain itu ada demam, rasa lelah yang berlebihan, hilang selera makan, mual, muntah-muntah, nyeri di area perut, urine berwat gelap, tinja berwarna terang pucat, dan nyeri pada sendi.

Dalam beberapa kasus, gejala-gejala ini ringan atau sama sekali tidak muncul.  Lalu apa yang dapat dilakukan orang tua agar melindungi si buah hati ? 

Dua cara terbaik untuk melindungi Buah Hati

  1. Hal yang perlu dilakukan orang tua untuk melindungi sang buah hati adalah sebagai berikut :
  2. Pastikan anak Anda telah menerima imunisasi lengkap 

Bantu anak untuk melakukan tindakan perlindungan dari penyakit yang dapat menular antar manusia. Dan perlu mengingat kan mereka untuk :

  • Rajin mencuci tangan
  • Menjaga jarak dari orang yang sedang sakit 
  • Menutup mulut saat batuk dan bersin
  • Tidak menyentuh Mata, hidung, atau mulut.

Dan apabila orangtua melihat anak mengalami gejala gejala tersebut maka, segeralah ke dokter dan melakukan perawatan. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat