visitaaponce.com

Ahlussunnah wal Jamaah, Dalil Keutamaan dan Maknanya

Ahlussunnah wal Jamaah, Dalil Keutamaan dan Maknanya
Ilustrasi.(Antara/Ujang Zaelani.)

KITA mungkin sering mendengar istilah ahlussunnah wal jamaah atau biasa disingkat juga dengan aswaja. Mungkin kita sering mengaku sebagai kelompok ahlussunnah wal jamaah. 

Namun tahukah kita dalil hadis Nabi Muhammad saw tentang ahlussunnah wal jamaah? Lantas apa makna dari aswaja itu?

Dalil hadis ahlussunnah wal jamaah
Hadis sahih riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim menyampaikan sabda Nabi Muhammmad saw berbunyi:

افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة، وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة، وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل: من هي يا رسول الله؟ قال: من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي. وفي بعض الروايات: هي الجماعة

Artinya, "Umat Yahudi menjadi 71 golongan. Nasrani terpecah menjadi 72 kelompok. Umat ini (Islam) akan terpecah menjadi 73 golongan. Semuanya di neraka kecuali satu golongan (yang selamat). Nabi ditanya, "Siapa dia ya Rasulullah?" Nabi menjawab, "Yaitu golongan yang seperti aku dan para sahabatku." Dalam sebagian riwayat, "Dia adalah jamaah."

Dari hadis di atas lahirlah istilah ahlussunnah wal jamaah. Keutamaan ahlussunnah wal jamaah menurut hadis tersebut yaitu menjadi satu-satunya golongan yang selamat alias tidak berada di neraka seperti kelompok-kelompok lain. 

Makna ahlussunnah wal jamaah
Ahlussunnah wal jamaah berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari tiga kata yaitu ahlun, as-sunnah, dan al-jamaah. Mari kita telaah satu per satu.

a. Ahlun.
Kata ahlun punya beberapa makna.

1. Ahlun berarti pengikut. Contohnya ahlul mazhab berarti pengikut mazhab.
2. Ahlun berarti keluarga. Contoh ahlul bait berarti keluarga atau anggota rumah tangga. 
3. Ahlun berarti penduduk. Contoh ahlul makkah berarti penduduk Mekah.

b. As-Sunnah.
Sedangkan, kata As-Sunnah berarti jalan. Sedangkan dalam istilahnya yakni jalan yang diridai karena dilalui Nabi, para sahabat, dan para ulama.

c. Al-Jamaah.

Al-jamaah secara etimologi adalah kumpulan apa saja dan jumlahnya banyak. Secara terminologi, al-jamaah merupakan kebalikan dari kata al-furqah (terpecah belah) yang berarti golongan yang selalu menjaga kekompakan, kerukunan, dan kebersamaan.

Bisa kita simpulkan dari keterangan tersebut, ahlussunnah wal jamaah bermakna kelompok yang konsisten dalam mengikuti jejak langkah Nabi dan para sahabat serta selalu menjaga kebersamaan antarkaum muslimin. Semoga bermanfaat.

Tiga golongan ahlussunnah wal jamaah
Para ulama ahlussunnah wal jamaah ada empat kelompok yang masuk dalam kategori yang selamat itu. Empat kelompok itu terbagi dalam bidang akidah, fikih, dan tasawuf.

a. Akidah.

Dalam akidah, ada banyak mazhab di luar ahlussunnah wal jamaah. Akidah ahlussunnah wal jamaah disepakati mayoritas ulama yaitu mazhab Asyariyah dan Maturidiyah.

b. Fikih.

Dalam fikih, mazhab ahlussunnah mengakuti empat imam mazhab. Mereka ialah Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafii, dan Imam Ahmad.

c. Tasawuf.

Ahlussunnah wal jamaah mengakui ajaran tasawuf. Ajaran tasawuf yang sesuai ahlussunnah wal jamaah yaitu dibawa oleh Imam Junaid dan Imam Al-Ghazali.

Demikianlah penjelasan tentang ahlussunnah wal jamaah. Semoga bermanfaat. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat