visitaaponce.com

Siapakah Assawadul Azham Dalil dan Penjelasan Ulama

Siapakah Assawadul A'zham? Dalil dan Penjelasan Ulama
Ilustrasi.(MI/Susanto.)

DALAM Islam ada istilah yang disampaikan hadis Nabi Muhammad saw yaitu assawadul a'zham. Beberapa pihak menawarkan sejumlah pemahaman tentang hal itu.

Dalam tulisan ini akan diulas pendapat berbagai ulama tentang assawadul a'zham. Mari kita pahami. 

Dalil assawadul a'zham

Sabda Nabi Shallallahu alaihi wasallam, "Sesungguhnya umatku tidak akan bersepakat atas kesesatan. Sekiranya kamu melihat perselisihan, hendaklah kamu ambil as-sawad al-a'zham." (Ibnu Majah: 3940)

Makna assawadul a'zham

Dalam menafsirkan maksud assawadul a'zham, Kitab As-Sindi menyatakan, "Jama'ah yang banyak (jumlahnya). Kesepakatan mereka itu lebih mendekati kepada ijma." (Hasyiah As Sindi: 3942)

Imam As-Suyuti dalam menafsirkan assawadul a'zham, "Ialah himpunan manusia dan kebanyakan yang mereka bersepakat atas melalui jalan yang betul. Hadits itu menunjukkan bahwa selayaknya beramal dengan perkataan mayoritas." (Hasyiah As-Sindi: 3940)

Baca juga: Ahlus Sunnah wal Jamaah, Dalil Keutamaan dan Maknanya

Al-Munawi juga berkata, "(Hendaklah kamu ikut assawadul a'zham dari ahli Islam) yaitu lazimnya mengikut pendapat mayoritas orang Islam, karena ia termasuk kebenaran yang wajib dan fardhu yang pasti, yang tidak boleh menyalahinya. Barangsiapa menyalahinya, lalu ia mati, maka ia mati dalam keadaan jahiliyyah." (Faidhul Qadir: 2/547)

Kesimpulannya, kita mesti mengikuti kelompok terbanyak dalam assawadul a'zham jika ada beda pendapat dalam satu hukum Islam. Ini karena Nabi Muhammad menjamin mayoritas umat Islam tidak akan tersesat pemahaman agama dalam menghadapi berbagai pandangan atau aliran. Wallahu a'lam. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat