visitaaponce.com

Asas Wawasan Nusantara Fungsi dan Contoh

Asas Wawasan Nusantara Fungsi dan Contoh
Ilustrasi.(DOK Kementerian Lingkungan Hidup.)

PENGERTIAN asas wawasaan nusantara, arti asas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah dasar, dasar cita-cita, dan hukum dasar. Sementara wawasan nusantara merupakan cara pandang suatu bangsa yang bertujuan menjaga persatuan dan kesatuan yang diwujudkan dengan mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi, kelompok atau golongan tertentu.

Asas wawasan nusantara adalah pedoman untuk menjaga persatuan dan kesatuan yang menjaga kepentingan bersama lebih dari kepentingan pribadi.

Asas wawasan nusantara harus ada di Indonesia agar semua masyarakat tetap aman dan nyaman saat menaati komponen-komponen pembentuk bangsa tersebut. 

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

1. Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Sumarsono

Menurut Sumarsono (2002), wawasan nusantara merupakan nilai yang menjiwai segenap peraturan perundang-undangan pada setiap strata di seluruh wilayah negara, sehingga menggambarkan sikap dan perilaku, paham serta semangat kebangsaan atau nasionalisme yang tinggi dan merupakan identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

2. Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Sabarti Akhadiah MK

Sabarti Akhadiah MK (1997) menyebutkan wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya sesuai dengan Pancasila serta UUD 1945 sebagai bentuk aspirasi bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bermartabat yang menjiwai kebijakan dalam mencapai tujuan bangsa.

3. Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Munadjat Danusaputro

Menurut Munadjat Danusaputro (1981), wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensi yang saling berhubungan serta penerapannya di tengah lingkungan berdasarkan asas nusantara.

4. Pengertian Wawasan Nusantara Menurut M. Panggabean

M. Panggabean (1979) menerangkan wawasan nusantara merupakan doktrin politik bangsa Indonesia untuk mempertahankan kelangsungan hidup NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan mempertimbangkan pengaruh ekonomi, geografi, demografi, teknologi, dan peluang strategis lain.

Baca juga: Penjelasan Perbedaan de Facto dan de Jure, Pengakuan Kedaulatan Kemerdekaan RI

5. Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi

Menurut Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi (2007), wawasan nusantara ialah cara pandang bangsa terhadap diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta sesuai wilayah geografis nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa demi mencapai tujuan dan cita-cita nasional.

Jenis-jenis Asas Wawasan Nusantara

Berikut ini adalah asa wawasan nusantara berdasarkan dengan jenis-jenisnya:

  1. Asas solidaritas
  2. Asas kejujuran
  3. Asas solidaritas
  4. Asas kesamaan tujuan
  5. Asas keadilan
  6. Asas kerja sama
  7. Asas kesetiaan

Untuk detail penjelasan jenis jenis wawasan nusantara simak penjelasan di bawah ini!

Baca juga: Wawasan Nusantara: Fungsi, Tujuan dan Makna bagi Bangsa Indonesia

Asas solidaritas

Sifat solidaritas ialah perasaan solider, satu rasa, atau perasaan setia kawan. Oleh karena itu, asas ini bisa berupa kegiatan yang mempunyai unsur kerja sama, memberi, dan berkorban untuk orang lain tanpa harus meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing.

Asas kejujuran

Tindakan yang kita lakukan harus sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Tidak hanya harus sesuai dengan fakta, tindakan kita juga harus berdasar pada ketentuan dan kebijakan yang berlaku. Hal ini wajib dilakukan demi tercapainya kemajuan. 

Asas kesamaan tujuan

Dengan memiliki tujuan akhir yang sama, aktivitas yang kita lakukan akan lebih jelas dan mencapai keputusan akhir dengan kepentingan yang sama.

Meskipun menghadapi masalah yang berbeda-beda tetapi kepentingan kita tetap sama yaitu berusaha mencari solusi untuk masalah tersebut demi memperoleh rasa aman dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Asas keadilan

Asas keadilan di Indonesia merujuk pada pembagian hasil yang seimbang. Semua masyarakat merasakan dan mendapatkan hal yang sama dan tidak ada kelompok yang lebih diuntungkan.

Asas kerja sama

Kerja sama merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini, kita sudah menyamakan tujuan akhir dan kepentingan kita dengan sifat solidaritas kita dapat bekerja sama untuk menuju ke tujuan akhir kita.

Asas kesetiaan

Sama seperti proses Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, berbagai masyarakat Indonesia dengan latar belakangnya masing-masing menjunjung tinggi kesetiaan terhadap negaranya untuk meraih kemerdekaan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat