visitaaponce.com

59.086 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

59.086 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air
Potret jemaah yang baru tiba di Indonesia setelah menjalani ibadah haji di Arab Saudi.(Antara)

TAHAP kepulangan jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi terus berlangsung sejak 4 Juli lalu. Pemulangan jemaah haji gelombang pertama melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pun sudah berakhir. 

Sejak 30 Juli 2022, proses pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah mulai berlangsung.

"Sampai hari ini, jumlah jemaah haji Indonesia yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 59.086 orang," kata Kepala Biro Humas, Data dan Infomasi Kemenag Akhmad Fauzin dalam konferensi pers, Rabu (3/8/).

Menurut Fauzin, ada sembilan kloter jemaah haji yang dipulangkan pada hari ini, dengan menuju tujuh debarkasi di Indonesia. Rinciannya, satu kloter dari debarkasi Batam/BTH (445 orang) dan Balikpapan/BPN (356 orang).

Lalu, Lombok/LOP 387 orang, Solo/SOC (354 orang) dan Ujung Pandang/UPG (389 orang). Selain itu, masing-masing ada dua kloter menuju debarkasi Jakarta-Bekasi/JKS (812 orang) dan Surabaya/SUB (892 orang).

"Total jemaah yang pulang hari ini sebanyak 3.635 orang. Hingga hari ini, masih ada 60 jemaah yang sakit. Sebanyak 22 orang dirawat di RS Arab Saudi," ungkapnya.

"Kemudian, 38 jemaah lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Total jemaah yang wafat sampai hari ini sebanyak 83 orang," imbuh Akhmad.(OL-11)




Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat