visitaaponce.com

Pengertian Fermentasi serta Pengolahan, Contoh, dan Manfaat

Pengertian Fermentasi serta Pengolahan, Contoh, dan Manfaat
Pekerja menunjukkan kedelai di pabrik pembuatan tahu, Desa Ploso, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (21/7/2022).(Antara/Yusuf Nugroho.)

ADA banyak makanan tradisional Indonesia yang diolah dengan cara fermentasi. Pembuatan tempe dan tauco yang berasal dari kedelai melalui proses fermentasi.

Fermentasi merupakan proses alami saat mikroorganisme seperti ragi dan bakteri mengubah karbohidrat, semisal pati dan gula, menjadi alkohol atau asam. Dalam proses ini, alkohol atau asam berperan dalam pembuatan pengawet alami yang dapat membuat makanan tersebut menghasilkan rasa yang berbeda. 

Proses fermentasi pada umumnya akan mengembangkan bakteri baik yaitu probiotik. Bakteri-bakteri baik ini dapat memberikan manfaat besar untuk tubuh seperti meningkatkan sistem imun, baik untuk pencernaan, dan lain-lain.

Pengolahan makanan fermentasi

Secara sederhana, proses fermentasi berarti makanan tersebut akan diawetkan agar menjadi lebih enak dan dapat dimakan dalam waktu yang lama. Secara lengkap, makanan yang difermentasi akan melalui berbagai proses yang bisa dibilang kompleks. Misalnya dalam pembuatan tempe, fermentasi dilakukan dengan menggunakan jamur Rhizopus sp.

Jamur tersebut bertujuan membuat olahan kacang kedelai menjadi lebih padat hingga berbentuk tempe. Proses fermentasi akan membuat jamur tumbuh pada permukaan dan menembus ke dalam kedelai. 

Hal itu akan membuat biji kedelai menyatu. Jika sudah berbentuk tempe, kandungan gizi yang terkandung akan bertambah. Selain itu, rasa kacang dari keledai akan berubah menjadi rasa tempe yang khas.

Contoh makanan yang difermentasi

- susu dan yogurt.
- dadiah.
- calo.
- cuka apel.
- kimchi.
- tapai singkong.
- miso.
- sauerkraut.
- peuyeum.
- brem.
- terasi.
- oncom.
- sosis fermentasi.

Manfaat makanan yang difermentasi

1. Baik untuk pencernaan.
2. Meningkatkan imunitas tubuh.
3. Mempermudah makanan untuk dicerna.
4. Memperbaiki dan meningkatkan mood.
5. Menurunkan berat badan.
6. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi.
7. Menurunkan risiko penyakit jantung. (OL-14) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat