visitaaponce.com

Blog Adalah Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaat

Blog Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaat
Ilustrasi(Forbes)

SEBAGAI masyarakat yang semakin bergantung pada internet dalam menunjang aktivitas sehari hari, internet harus dapat kita gunakan untuk bisa terus terhubung dengan yang lain. Salah satu bentuk penghubung informasi di internet adalah blog

Blog adalah sebuah laman daring yang dibuat untuk mewadahi kumpulan konten daring yang dapat diakses oleh orang lain. 

Meskipun beragam, pada umumnya, konten yang termuat dalam blog berupa tulisan. Tulisan tersebut dapat berupa cerita, opini, informasi, dan juga karya karya lainnya. 

Baca juga: Ingin Solo Traveling? Ini Tips dari @kartuposinsta

Karenanya, penting untuk terus memperbaharui konten konten yang ada di Blog, agar para pembaca merasa konten yang ada bersifat variatif, yang berdampak pada semakin tingginya ketertarikan audiens.

Fungsi dari blog, pada umumnya, adalah untuk mewadahi ide atau konten dari penulis atau pengelola blog. Blog yang bersifat daring dapat membantu pendistribusian konten yang lebih efektif, cepat, dan mudah. Dibanding harus membagikan tulisan yang dicetak secara fisik, blog tampak menjadi opsi yang jauh lebih baik.

Berikut adalah jenis blog.

Blog Pribadi

Blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh orang atau sekumpulan orang dengan tujuan sebagai sarana penyampaian ide atau konten. Blog pribadi biasanya di kelola oleh satu atau beberapa orang.

Blog Profesional

Blog profesional adalah blog yang dibentuk oleh seseorang atau kumpulan orang yang kredibel atau ahli dalam bidang tertentu, dengan tujuan membagi ide atau konten yang berhubungan dengan keahliannya masing masing. 

Dibandingkan dengan blog pribadi, blog profesional dapat anda jadikan rujukan dalam kebijakan atau penelitian anda.

Blog Usaha

Seperti namanya, blog usaha adalah blog yang dibentuk dengan tujuan komersial. Artinya, blog tersebut bertujuan untuk mempromosikan barang atau jasa dari perusahaan asal blog tersebut. 

Blog memiliki manfaat yang beragam, berikut adalah beberapa manfaat blog.

Media berbagi konten 

Sering kali ide menarik yang dapat kita buat atau olah sebagai konten, terbuang begitu saja atau tidak dapat dinikmati oleh orang banyak, karena media atau wadah yang terbatas. Oleh karena itu, blog dapat menjadi solusi untuk masalah tersebut.

Sumber Pendapatan

Apabila Anda mendapat traffic yang tinggi pada blog Anda, beberapa perusahaan berpeluang menaruh iklan mereka di blog Anda. Dengan mendapatkan iklan di blog Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan.

Arsip Karya

Apa yang Anda taruh di internet, pada umumnya akan terus ada, dan bersifat menetap. Artinya, hanya Anda yang dapat menghapusnya, atau penyedia layanan internet anda. 

Oleh karena itu, apabila Anda mengunggah karya di blog, secara tidak langsung Anda menjadikannya menjadi arsip bagi karya Anda. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat