visitaaponce.com

Menkes Vaksin PCV Bisa Turunkan Angka Kematian Bayi

Menkes: Vaksin PCV Bisa Turunkan Angka Kematian Bayi
Dokter spesialis anak menyuntikkan vaksin PCV kepada seroang bayi.(Antara)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) atau imunisasi PCV dapat menurunkan angka kematian bayi dan balita, serta tingkat stunting.

"Imunisasi PCV ini terbukti bisa menurunkan secara drastis dan memberikan proteksi terhadap pneumonia. Pneumonia ini merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi terhadap bayi," ujar Budi, Senin (12/9).

Sekitar 14,5% kematian bayi dan 5% dari kematian balita di Indonesia disebabkan oleh infeksi pneumonia. Infeksi tersebut juga mengakibatkan banyak balita Indonesia terganggu keseimbangan gizinya, hingga menyebabkan stunting.

Baca juga: Vaksin PCV Mulai Diperluas ke Seluruh Wilayah

"Kita mendapatkan tiga hal sekaligus, yakni menurunkan angka kematian bayi, angka kematian balita dan angka stunting. Itu adalah target RPJMN yang kita dapatkan dengan melakukan roll out secara nasional vaksinasi PCV," imbuhnya.

Kementerian Kesehatan pun bertekad bahwa mulai tahun ini, vaksinasi atau imunisasi PCV berjalan di seluruh Indonesia. Penyelenggaraan imunisasi nasional ini tentunya membutuhkan kerja sama dari pemerintah daerah.

Baca juga: 42,9 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Terima Booster

Mengingat pandemi covid 19 sudah mulai terkendali, masyarakat bisa kembali berkonsentrasi untuk memastikan kalangan anak terlindungi dari segala macam jenis penyakit.

"Tadinya kita lupa untuk kendalikan, karena sibuk ngurusin covid-19. Ini penting agar anak bisa hidup sehat di masa dewasa dan lebih produktif," pungkas Budi.

"Semoga Indonesia masa kini lebih baik dari Indonesia masa lalu. Semoga Indonesia masa depan jauh lebih baik," sambung dia. Adapun Sumatera Selatan dipilih sebagai provinsi pertama untuk pencanangan imunisasi PCV nasional.(OL-11)




Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat