visitaaponce.com

Vaksin PCV Mulai Diperluas ke Seluruh Wilayah

Vaksin PCV Mulai Diperluas ke Seluruh Wilayah
Petugas mengukur berat badan balita saat pelaksanaan posyandu di Lampung.(Antara)

PADA tahun ini, tepatnya dimulai 9 September, imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) diperluas ke seluruh wilayah Indonesia

Diketahui, imunisasi PCV sangat dibutuhkan oleh anak untuk melindungi dan mencegah kematian akibat pneumonia atau peradangan paru-paru, yang disebabkan oleh infeksi.

Sasaran pemberian imunisasi PCV adalah bayi berusia 2 bulan untuk dosis pertama. Selanjutnya, dilengkapi dengan pelaksanaan dosis kedua pada usia 3 bulan. Adapun dosis ketiga lanjutan pada anak usia 12 bulan.

Baca juga: 5 Strategi Hindari Stunting pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan

"Keberhasilan program ini sangat ditentukan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu, Senin (12/9).

Maxi menyebut Sumatera Selatan dipilih sebagai lokasi pencanangan. Sebab, memiliki sasaran yang cukup besar dengan kinerja dan capaian program imunisasi rutin yang sangat baik.

Adapun pelaksanaan vaksin PCV di Indonesia sudah dimulai sejak 2017, yang pertama dilakukan uji coba di beberapa kabupaten Lombok Barat dan Lombok Timur di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Anak PAUD Perlu Dilindungi dari Risiko Penularan Covid-19

Kemudian, pada periode 2018-2021, imunisasi PCV diperluas di seluruh kabupaten wilayah NTB. Berikut, juga dilakukan di Kepulauan Bangka Belitung, serta beberapa kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Dengan hasil pelaksanaannya itu sangat baik, terutama untuk mencegah terjadinya pneumonia pada anak dan balita, serta mencegah angka kematian," pungkas Maxi.

Mempertimbangkan hasil tersebut, Itagi merekomendasikan agar imunisasi PCV dapat memperluas secara nasional.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat