visitaaponce.com

Kasus Cacar Monyet Sentuh Angka 60 Ribu Kasus di 104 Negara

Kasus Cacar Monyet Sentuh Angka 60 Ribu Kasus di 104 Negara
cacar monyet(AFP/BRIAN W.J. MAHY)

KEMENTERIAN Kesehatan bersama Satgas Cacar Monyet melaporkan, hingga Senin (19/9), telah tercatat 62.406 kasus terkonfirmasi cacar monyet di 104 negara. 

Negara tetangga di Indonesia juga mencatat beberapa kasus yang lebih tinggi dibanding Indonesia yang hingga kini masih mencatat 1 kasus terkonfirmasi pada 19 Agustus 2022, seorang pria berusia 27 tahun yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri. Sementara Australia dengan 132 kasus, Singapura dengan 19 kasus, Thailand 8 kasus, dan Filipina 4 kasus.

Ketua Satgas Cacar Monyet IDI dr. Hanny Nilasari mengungkapkan cacar monyet kini dikategorikan sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) oleh WHO sejak 23 Juli 2022.

Baca juga: Belum Ada Rekomendasi Obat Herbal Sembuhkan Cacar Monyet

dr. Hanny juga mengungkapkan sebagian kasus masih disebabkan oleh virus Monkeypox Clade II.

“Monkeypox Clade II memiliki manifestasi klinis yang lebih ringan, mortalitas yang lebih rendah, dan transmisi antara manusia yang lebih rendah dibanding dengan monkeypox Clade I yang sebelumnya terdapat di Afrika," ujar dr. Hanny dalam webinar, Rabu (21/9).

Dalam laporannya, Hanny juga mengungkapkan bahwa 90% kasus cacar monyet yang terkonfirmasi berasal dari kelompok homoseksual dan biseksual.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat