visitaaponce.com

Belum Ada Rekomendasi Obat Herbal Sembuhkan Cacar Monyet

Belum Ada Rekomendasi Obat Herbal Sembuhkan Cacar Monyet
Jahe dan kunyit.(MI/John Lewar.)

PRODUK jamu atau obat herbal sampai saat ini belum ada rekomendasi yang bisa menyembuhkan cacar monyet atau monkeypox (MPXV). Obat herbal hanya membantu menguatkan imunitas dari pasien apabila terpapar.

"Kunyit atau dari madu itu meningkatkan imunitas. Jadi prinsipnya meningkatkan imunitas saja," kata Ketua Satuan Tugas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Hanny Nilasari dalam konferensi pers secara daring, Rabu (21/9).

Selain itu, tidak direkomendasikan apabila ada manifestasi kulit yang dioles dengan suplemen/obat tertentu. Hal itu karena akan sangat berbahaya bila belum ada rekomendasi yang dikeluarkan dari dokter.

"Kalau diminum masih tidak menjadi masalah asal dosis juga tepat. Jadi tidak terlalu berlebihan karena sebetulnya obat-obat suplemen itu meningkatkan imunitas," ujarnya.

"Kalau dia dioles tentu akan terjadi infeksi dan bisa menyebabkan lebih luas dan menyebabkan malah terinfeksi lebih berat atau mengalami superinfeksi dengan bakterial lain. Jadi tidak direkomendasikan obat dioles pada lesi yang terduga monkeypox," tambahnya.

Saat ini pemerintah juga mendapatkan obat cacar monyet yakni Cidofovir asal Singapura. Kemenkes juga sudah memesan 2.000 vaksin cacar monyet dari Bavarian Nordic Denmark yang dinilai paling efektif. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat