visitaaponce.com

Kini, Jamu Botol Sido Muncul Bisa Didapat di Kereta

Sido Muncul dan KAI Services membangun kemitraan strategis lewat tajuk 'Jadikan Perjalanan lebih Menyenangkan'. Lewat kerja sama ini, produk Sido Muncul bakal dapat ditemukan di 24 dan 200 kereta yang dioperasikan PT KAI Persero. 

Direktur Marketing PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat memiliki harapan lewat kerja sama ini, produk jamu jadi bisa lebih dikenal, terutama oleh kalangan muda yang senang bepergian dengan kereta. 

''Sepuluh tahun yang lalu terpikir mengembangkan minuman (jamu) botol. Seandainya orang masih minum jamu dan sudah bisa seperti ini. (dalam botol), tapi pendistribusiannya lebih segmented. Sekarang hotel, restoran, kafe memang sudah ada seperti ini. Semoga lewat kerja sama ini, nanti bisa dijual di sana,'' kata Irwan.

Baca juga : Edukasi Penumpang, PT KAI Larang Penumpang Nyalakan Penanak Nasi di Kereta

DIrinya berterima kasih dengan KAI Services yang bekerja sama dengan Sido Muncul. ''Terima kasih sudah mau kerja sama dengan Sido Muncul.''

Irwan pun berharap produknya, bisa dijual di lebih banyak kereta. Saat ini KAI Services baru menjual Alang Sari dan Kunyit Asem di 24 perjalanan kereta.  ''Kalau bisa di seluruh kereta. Mudah-mudahan terbanyak. Kalau dulu orang minum jamu cuma pil, ga ada sensasi. Yang sekarang ada sensasi, rasanya enak. Semoga nanti ditambah keretanya,'' harap Iwan.

Di pihak lain, Direktur Konsumer Bisnis Lis KAI Services Permana Sari punya harapan bahwa pemilihan Alang Sari dan Kunyit Asem akan diikuti produk lainnya untuk dijual di kereta KAI.

Baca juga : KAI Wisata Masih Menyediakan Tiket Mudik Lebaran 

''Kami mendukung ada minuman sehat di kereta kami. Setuju dengan pak Irwan bahwa jamu harus dipertahankan karena itu warisan nenek moyang kita. Apalagi ada khasiatnya,'' tegasnya.

Dia pun mencontohkan teh, khas jepang. Tamu keluarga kekaisaran pasti selalu disuguhi teh. ''Di Jepang dulu, tamunya disuguhi teh. Kita, di Indonesia harus galakkan minum jamu,'' tambahnya.

''Kami anak usaha dari PT KAI Persero. Ide berjualan di 24 kereta dengan brand 'Kuliner Kereta' sudah menjual Alang Sari dan Kunyit Asem sejak 10 Maret lalu,'' jelas Direktur Lis. 

Baca juga : KAI Siapkan 480 Tiket KA Tawangjaya Premium untuk Mudik Gratis

Bukan tidak mungkin produk lainnya akan dijual di outlet KAI Services lainnya. ''Tapi, di depan kami ada Loko Kafe di 13 stasiun, Nanti akan dijual di sana juga. Kami sangat berterimakasih atas kerja sama ini,'' tambahnya.

Pemilihan produk Alang Sari dan Kunyit Asem sendiri, jelasnya, sudah melalui kurasi. ''Karena ini wajib. Kurasi ini tidak hanya di internal kami (direksi dan karyawan). Dipilih kira-kira apa yang mau dijual,'' kata Direktur Lis. 

''Setelah itu kami lakukan survei pada penumpang. Kira-kira mana yang mereka minati. Lima produk dipilih untuk disurvei pada penumpang di Gambir dan Pasar Senen. Muncullah Alang Sari dan Kunyit Asem,'' kisah Direktur Lis tentang bagaimana memilih dua produk itu.

Dirinya pun berharap support agar Alang Sari dan Kunyit Asem dapat diterima di Kuliner Kereta. Semoga nanti akan ada kerja sama lagi. (S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat