visitaaponce.com

KAI Minta Tambahan PMN Rp2 Triliun untuk Beli KRL

KAI Minta Tambahan PMN Rp2 Triliun untuk Beli KRL
Ilustrasi(Antara)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengusulkan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun pada tahun ini. Dana sebesar itu dibutuhkan untuk pengadaan sarana Kereta Rel Listrik (KRL).

"Pengadaan sarana KRL saat ini sangat mendesak dibutuhkan. Ini untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang dan bertambahnya sarana KRL yang memasuki masa konservasi atau sudah masa pension beroperasi," ujar Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin (2/7).

Pada 2024, volume penumpang diperkirakan mencapai 345 juta penumpang. Kemudian, di 2025 akan bertumbuh 5% menjadi 362 juta dan mencapai 410 juta pada 2027. Menimbang hal tersebut, diperlukan diperlukan penggantian 1.080 unit KRL karena telah berusia 30 tahun atau lebih.

Baca juga : DPR Minta KAI Tidak Buru-Buru Impor KRL dari Tiongkok, Prioritaskan Produk Dalam Negeri

"Jika kita kekurangan jumlah trainset, di sisi lain volume penumpang bertambah, itu akan menimbulkan overload penumpang, khususnya pada jam-jam sibuk," jelasnya.

Berdasarkan kontrak dan rencana terkini, jadwal kedatangan kereta baru impor sebanyak 3 trainset pada 2025, kereta baru dari PT Industri Kereta Api (INKA) sebanyak 16 trainset yang terbagi menjadi 12 unit pada 2025 dan 4 unit pada 2026. Kemudian, kereta baru INKA sebanyak 8 trainset pada 2027, kereta retrofik INKA 2 trainset pada 2025, dan kereta baru pengganti retrofit sebanyak 8 trainset pada 2025.

"PMN di tahun ini sebesar Rp2 triliun untuk persiapan kami di semester kedua 2024 dengan kebutuhan dana Rp810 miliar dan semester pertama 2025 dengan kebutuhan dana Rp2,37 triliun, sehingga pemenuhan kebutuhan ini betul-betul sesuai dengan waktunya dan akan kami serap sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tandasnya.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat