visitaaponce.com

Bagaimana Allah Al-Muizz Memuliakan dan Al-Mudzill Menghinakan Makhluk

Bagaimana Allah Al-Muizz Memuliakan dan Al-Mudzill Menghinakan Makhluk?
Tulisan Arab Al-Muizz dan Al-Mudzill.(DOK Instagram.)

DUA nama atau asma Allah subhanahu wa taala yang kita bahas kali ini yaitu Al-Muizz dan Al-Mudzill. Secara sederhana, Al-Muizz berarti Zat Yang Maha Memuliakan. Al-Mudzill punya arti Zat Yang Maha Menghinakan.

Bagaimana Allah memuliakan orang yang dikehendaki-Nya dan bagaimana pula Dia menghinakan orang yang dikehendaki-Nya? Dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram, Imam Al-Ghazali memaparkan makna keduanya secara lebih luas dalam kitab Al-Maqshad Al-Asna. 

Sebagai Al-Muizz, Allah memuliakan seseorang dengan cara menyingkap hijab yang menyelubungi hatinya sehingga ia mampu menyaksikan keindahan berada di hadapan-Nya. Orang yang demikian inilah yang mampu menyicipi kelezatan beribadah.

Selain itu, Allah menganugerahkan kepada sifat qanaah atau menerima dengan rasa cukup. Akibat hal itu, sampai sampai ia tak lagi merasa membutuhkan makhluk. Allah memberinya pula kekuatan agar mampu mengendalikan nafsunya dari menuruti kesenangan dan syahwat.

Sedangkan sebagai Al-Mudzill, Allah menghinakan seseorang dengan membuatnya senantiasa mengedarkan pandangan kepada makhluk sehingga ia merasa selalu butuh kepada mereka. Allah juga menguasakan sifat rakus kepada dirinya sampai-sampai dirinya tak pernah merasakan berkecukupan.

Orang inilah yang tertipu oleh nafsunya dan terjebak dalam gelapnya kebodohan. Marilah kita berdoa agar Allah menghendaki kita tergolong hamba yang dimuliakan-Nya bukan termasuk hamba yang dihinakan-Nya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat