visitaaponce.com

Bagaimana Al-Khafidh Merendahkan dan Ar-Rafi Meninggikan Makhluk

Bagaimana Al-Khafidh Merendahkan dan Ar-Rafi' Meninggikan Makhluk?
Tulisan Arab Al-Khafidh dan Ar-Rafi'.(DOK Instagram.)

SEPASANG nama atau asma Allah subhanahu wa taala dalam asmaul husna yang sebaiknya tidak dibahas terpisah yaitu Al-Khafidh dan Ar-Rafi'. Secara bahasa, Al-Khafidh berarti Zat Yang Maha Merendahkan. Sedangkan Ar-Rafi' ialah Zat Yang Maha Meninggikan.

Makna Al-Khafidh Ar-Rafi'

Dilansir dari @limofficial_lirboyo di Instagram, Imam Al-Ghazali membahas lebih lanjut maksud dari dua asma ini dalam kitab beliau yang berjudul Al-Maqshad Al-Asna. Menurut Imam Al-Ghazali, sebagai Al-Khafidh, Allah subhanahu wa taala merendahkan orang-orang kafir dengan mencelakakan mereka. Ia pun menjatuhkan musuh-musuh-Nya dengan menjauhkan mereka dari sisi-Nya. 

Sebaliknya, sebagai Ar-Rafi', Allah meninggikan orang-orang beriman dengan membahagiakan mereka. Ia pun meluhurkan kekasih-kekasih-Nya dengan mendekatkan mereka ke sisi-Nya.

Agar tinggi derajat

Bagaimana cara menjadi hamba yang tinggi derajatnya di sisi Allah bahkan hingga sejajar dengan para malaikat? Cara yang direkomendasikan oleh Imam Al-Ghazali agar mencapainya yaitu dengan tidak berpandangan materialistik, yakni membatasi pandangan hanya pada hal-hal yang bersifat materi.

Selain itu, tidak menuruti keinginan-keinginan yang didasari syahwat. Bila kita melakukan kebalikannya, alih-alih memperoleh derajat yang tinggi, kita justru akan direndahkan oleh-Nya serendah-rendahnya sampai-sampai tak lebih tinggi daripada binatang. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat