visitaaponce.com

Menag 1.676 Peserta Ikuti MTQ Nasional Ke-29 di Kalsel

Menag: 1.676 Peserta Ikuti MTQ Nasional Ke-29 di Kalsel
Peserta melambaikan tangan kepada warga dari mobil hiasnya saat Pawai Taaruf di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Selasa (11/10).(ANTARA/Bayu Pratama S)

MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas melaporkan sebanyak 1.676 orang peserta yang mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan.
 
"Sebanyak 1.676 orang peserta MTQ& itu dari 34 provinsi," ujarnya saat pembukaan MTQ Nasional tersebut di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalsel, Rabu (12/10) malam.
 
Para peserta atau qari dan qariah mengikuti pada 8 cabang lomba dan 23 golongan yang dilaksanakan di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar, dari 13 hingga 17 Oktober 2022.
 
Untuk peserta yang mengikuti event dua tahunan ini, kata dia, mengikuti tahapan pendaftaran dan verifikasi yang sangat ketat.
 
"Salah satunya syaratnya memastikan dokumen kependudukan mewakili daerah masing-masing," paparnya.


Baca juga: Wapres Buka MTQ Nasional Ke-29

 
Menag menyampaikan juga kepada Wakil Presiden RI KH Maruf Amin bahwa dewan hakim yang bertugas pada MTQ Nasional ke-29 ini sebanyak 135 orang.
 
"Mereka dari utusan seluruh provinsi," ujarnya.
 
Yaqut menyampaikan, MTQ tahun ini menjadi sangat spesial setelah melalui tahun yang berat karena pandemi covid-19, di tahun 2022 ini dapat diselenggarakan sangat meriah.
 
"Pada MTQ Nasional ke-28 tahun 2020, karena wabah covid-19 ada beberapa yang perangkat MTQ yang wafat, MTQ tahun 2022 ini kita tetap
menjaga protokol kesehatan," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan, dalam setiap momen MTQ menyertakan para kaum disabilitas tunanetra.
 
Yaqut juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kalsel yang menyiapkan event ini jauh-jauh hari, hingga sukses terselenggara sejauh ini.
 
Dia pun mengungkapkan, Provinsi Kalsel menjadi salah satu pusat keislaman yang mewarnai Nusantara. (Ant/OL-16)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat