visitaaponce.com

Evaluasi Haji 2024, DPR Bakal Panggil Menteri Agama

Evaluasi Haji 2024, DPR Bakal Panggil Menteri Agama
Jemaah haji SOC mendarat di Bandara Adi Soemarmo dan langsung sujud syukur.(MI/Widjajadi)

WAKIL Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menyebut pihaknya akan memanggil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait evaluasi Haji 2024.

"Pasti, dalam waktu secepatnya, dua institusi yang akan memanggil. Pertama tentu Komisi VIII menyangkut seluruh aspek pelaksanaan haji," ujar Gus Imin di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/7).

Kemudian, kata Gus Imin, pihaknya juga akan meminta komisi-komisi terkait, misalnya VI, untuk memanggil maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Soalnya, jumlah pemanfaatan bisnis Garuda sangat besar dari jemaah haji.

Baca juga : Garuda Kembali Delay, Gus Muhaimin: Jemaah Haji Kecewa Berat!

Kemudian, DPR juga akan memanggil Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Yang memanggil nanti Komisi IX.

"Selain komisi, kalau pansus terbentuk juga akan memanggil pihak pihak terkait termasuk menelusuri apakah ada jual-beli visa," tegas Gus Imin, Senin (1/7).

Gus Imin juga menyebut akan mendalami kendala keberangkatan supaya tidak dimonopoli oleh satu maskapai. "Betul bisa jadi maskapai ini kita bebaskan supaya tidak terjadi monopoli dan pelayanan lebih kompetitif," ungkapnya.

Gus Imin juga menyayangkan pengawasan yang dinilai sangat kurang dari Kemenag. "Betul, Kemenag tidak mendetailkan sistem komputerisasinya," tandasnya. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat