visitaaponce.com

Kemenkes Targetkan 12 Juta Pelajar Konsumsi Tablet Tambah Darah

Kemenkes Targetkan 12 Juta Pelajar Konsumsi Tablet Tambah Darah
Siswa menunjukkan tablet atau obat dalam bentuk butiran saat mengikuti Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (Gemitra) pada remaja putri(ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

GUNA mencegah terjadinya stunting, diperlukan upaya intervensi sebelum kehamilan seperti memberikan tablet tambah darah bagi pelajar putri dari jenjang SMP, SMA, sederajat.

"Sasaran tablet tambah darah setiap tahun adalah remaja putri usia SMP, SMA, dan sederajat. Pada usia tersebut di seluruh Indonesia, sekitar 12 juta anak termasuk di sekolah dan pesantren," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes dr Maria Endang Sumiwi dalam konferensi pers Gerakan Nasional Aksi Bergizi dari Kementerian Kesehatan secara daring, Senin (24/10).

Menurutnya, kepatuhan remaja putri mengonsumsi tablet tambah darah saat ini masih rendah karena tingkat pemberian tablet tambah darah selama 12 bulan terakhir 76,2% tetapi hanya 1,4% yang mengonsumsi sesuai anjuran.

"Jadi kita menyiapkan tablet tambah darah untuk dikonsumsi 12 juta anak nantinya yang ikut event Gerakan Nasional Aksi Bergizi ada perwakilan dari 4.652 sekolah," ujarnya.

"Gerakan ini bertujuan agar 12 juta remaja putri selalu mendapatkan tablet tambah darah," tambahnya.

Baca juga: Makanan Tradisional Tingkatkan Gizi dan Cegah Stunting

Target remaja putri mengonsumsi tablet tambah darah adalah 90%. Intervensi pada remaja putri diperlukan karena kondisi gizi sejak remaja perlu dijaga sehingga asupan gizi terjaga baik yang akan terbawa sampai dengan dewasa dan memasuki masa kehamilan. Hal yang penting untuk meningkatkan konsumsi tambah darah pada remaja putri sekaligus memperbaiki perilaku mengonsumsi gizi seimbang.

Sehingga dibuatkan aksi gizi kegiatan di sekolah untuk minum tablet tambah darah bersama, melakukan aktivitas fisik bersama, dan mengonsumsi gizi seimbang termasuk edukasi gizi seimbang.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat