visitaaponce.com

Universitas Terbuka Gelar Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Terbuka Gelar Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat
Pusat Pengabdian kepada Masyarakat - LPPM UT menggelar Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka atau SENMASTER.(Ist/ut.ac.id)

PASCA-pandemi Covid-19, bangsa Indonesia harus segera bangkit dan membangun segala sektor kehidupan. Pembangunan suatu bangsa akan kokoh apabila dimulai dengan membangun masyarakat yang mandiri.

Membangun masyarakat mandiri merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan oleh semua pihak, pemerintah, masyarakat, atau perguruan tinggi, baik dalam skala besar maupun kecil (rumah tangga).

Dalam sektor ekonomi, optimalisasi pemberdayaan masyarakat perlu dilakukan agar masyarakat lebih tangguh dalam menghadapi berbagai kondisi, dan menjadi masyarakat yang mandiri. Berbagai program pemberdayaan masyarakat telah dilakukan melalui UMK, peningkatan kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Baca juga : UT Gelar General Lecture Comparativ Law dan Seminar The Adoption PBL 

Melalui Tridarma Perguruan Tinggi, kehadiran peran dan partisipasi perguruan tinggi dalam rangka optimalisasi pemberdayaan masyarakat menuju terbentuknya masyarakat mandiri merupakan keniscayaan. Salah satunya melalui darma ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Universitas Terbuka (UT) sebagai PT yang mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia, juga memiliki tugas dan kewajiban untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya adalah membantu dan mendampingi pemerintah (pusat dan daerah) untuk bersama-sama mengembangkan, memberdayakan, dan membangun masyarakat desa di bidang ekonomi, sosial, dan kebudayaan.

Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka atau lebih dikenal dengan SENMASTER, diselenggarakan setiap tahun oleh Pusat Pengabdian kepada Masyarakat - LPPM UT merupakan forum akademik tahunan bagi para pelaku program pengabdian kepada masyarakat untuk bertukar-pikiran dan berbagi ilmu, pengetahuan, pengalaman serta semangat dan inspirasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa.

Baca juga : Wisuda Periode I Tahun Akademik 2023/2024, UT Gelar Seminar 'Bergerak Melayani Bangsa'

Di samping itu, saat SENMASTER juga dilakukan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat yang dapat dilihat pada saat acara berlangsung (luring), dan/atau secara daring, yang dapat diakses oleh masyarakat dimana pun, melalui Website UT.

Tahun 2022 ini, SENMASTER mengambil tema “Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat untuk Membangun Indonesia Tangguh” diselenggarakan  pada Selasa, 25 Oktober 2022 secara luring di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Terbuka, dan secara DARING melalui Zoom dan kanal YouTube.

Hadir pada SENMASTER 2022, pembicara kunci Prof. Dr. (H.C.) Dahlan Iskan (Menteri BUMN Kabinet Kerja 2011-2014), dan Dr. M. Hanif Dhakiri, S.Ag, M.Si.,(Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Kerja 2014-2019); serta pembicara panel:

Baca juga : Universitas Terbuka Tingkatkan Kesejahteraan Desa Lewat Senmaster Pengabdian Masyarakat

1) Prof. Dr. M. Baiquni, M.A.(Guru Besar Universitas Gajah Mada yang juga aktivis pembangunan Indonesia dari pinggiran).

 2) Vera Nofita (aktivis Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat Pulo Kambing) dan 3) Dr. Meirani Harsasi, S.E. M.Si.(Dekan Fakultas Ekonomi UT).

Selain itu, juga akan disajikan makalah hasil pengabdian kepada masyarakat oleh 65 orang penyaji yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dari UT dan perguruan tinggi lainnya

Baca juga : Ukrida Gelar Sendimas 2023, Diseminasikan 153 Paper Pengabdian Masyarakat  

Sedangkan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat diikuti oleh 23 penyaji gelar hasil berupa produk-produk hasil pengabdian kepada masyarakat secara LURING dan 30 gelar hasil secara VIRTUAL  .

Panitia SENMASTER dan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat mengundang dosen di seluruh Perguruan Tinggi, para Ketua LPPM se-Tangerang Selatan  dan mitra pengabdian kepada masyarakat Universitas Terbuka serta seluruh masyarakat. 

Melalui seminar dan gelar hasil ini diharapkan dapat menginspirasi semua pemangku kepentingan dalam pengembangan masyarakat yang cerdas, berkarakter, dan sejahtera untuk mewujudkan Masyarakat Mandiri menuju Indonesia Tangguh.

Dengan seminar dan gelar hasil ini, diharapkan proses dan produk pengabdian kepada masyarakat, serta peran-peran strategis Perguruan Tinggi dan terjalinnya jejaring kemitraan dalam rangka mewujudkan Indonesia Tangguh di berbagai aspek dapat terdiseminasikan melalui seminar dan gelar hasil. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat