visitaaponce.com

Arti Sakinah Mawaddah Warahmah, Doa untuk Pernikahan

Arti Sakinah Mawaddah Warahmah, Doa untuk Pernikahan
Ilustrasi.(MI/Supardji Rasban.)

PERNIKAHAN merupakan salah satu komitmen antarmanusia. Pernikahan menjadi hubungan yang mengikat antara pasangan suami istri untuk membentuk suatu keluarga yang tidak terpisahkan. 

Karena itu, dalam membentuk keluarga, restu dan doa menjadi salah satu fondasi agar pernikahan tetap rukun dan awet. Salah satu doa tersebut ialah doa sakinah mawaddah warahmah. Apa maknanya? Simak terus artikel berikut.

Makna doa sakinah mawaddah warahmah

Doa sakinah mawaddah warahmah tercatat dalam Al-Quran dan digunakan menjadi salah satu doa dalam pernikahan. Berikut doa tersebut.

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

Wa min aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawad dataw wa rahmah. Inna fii zaalika la Aayaatil liqawminy yatafakkaruun.

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir." (Q.S. Ar-Rum: 21).

Apabila diterjemahkan, sakinah memiliki makna ketentraman dan kedamaian. Mawaddah memiliki makna cinta yang menggebu-gebu dan semangat kasih sayang yang besar. Sedangkan rahmah adalah rezeki, rahmat, dan berkat yang melimpah. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat