visitaaponce.com

Pengertian Interpersonal Skill dan Contoh

Pengertian Interpersonal Skill dan Contoh
Ilustrasi.(AFP/Josep Lago.)

KOMUNIKASI Interpersonal menjadi salah satu soft skills yang paling dibutuhkan saat ini. Selain di dunia kerja, keterampilan interpersonal juga penting dalam kehidupan.

Kenapa bisa demikian? Nah, pertama kita harus ketahui dulu yang dimaksud dengan keterampilan interpersonal atau interpersonal skill, dan seperti apa skill atau keterampilan superpenting ini. Yuk disimak. 

Pengertian interpersonal skill

Kemampuan interpersonal atau interpersonal skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh karyawan saat berkomunikasi dengan orang lain, baik rekan kerja, atasan, maupun klien. Skill ini termasuk dalam jenis soft skill berarti dilatih sebagai bentuk pengembangan diri di dunia kerja. Karyawan bisa dikatakan memiliki soft skill yang kuat apabila mereka mampu berkomunikasi dengan efektif.

Berdasarkan pengertiannya oleh KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, inter memiliki makna yaitu di antara dua atau di tengah, yang berarti di antara dua sesuatu, baik hal tersebut berupa objek hidup maupun objek mati dan sering kali lebih identik dengan interaksi yang terjadi antara dua objek tersebut. Personal memiliki makna yang berarti bersifat pribadi atau perorangan.

Interpersonal skill adalah semua perilaku yang mendukung kita untuk bekerja sama dengan orang lain, baik itu atasan, rekan kerja, atau klien. Interpersonal skill merupakan suatu kemampuan untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain.

Contoh interpersonal skill yang harus dimiliki

1. Komunikasi verbal.

Komunikasi verbal adalah salah satu contoh keterampilan interpersonal paling penting untuk dimiliki saat bekerja. Apapun posisimu di tempat kerja, tentu kamu harus berbicara dengan rekan kerjamu seputar pekerjaan sebagai bentuk komunikasi.

Jika Anda memiliki kemampuan komunikasi verbal yang baik, risiko terjadinya miskomunikasi antara Anda dengan rekan kerja akan sangat minim. Selain itu, skill komunikasi verbal yang baik pun memungkinkan terjadinya komunikasi yang efektif di tempat kerja.

2. Komunikasi nonverbal.

Keterampilan komunikasi sendiri tidak hanya kemampuan berbicara. Kemampuan komunikasi nonverbal seperti bahasa tubuh dan komunikasi lewat tulisan dapat membantumu dalam menyampaikan maksud.

Meski kemampuan komunikasi verbal sudah baik, jika tidak disertai dengan kemampuan nonverbal, miskomunikasi akan lebih rentan terjadi. Komunikasi nonverbal juga penting untuk memberikan informasi penting seputar situasi yang dihadapi

Dengan skill komunikasi nonverbal yang baik, kamu akan tahu perasaan seseorang yang sedang berbicara dengan seseorang hingga cara mendekati seseorang atau kelompok di tempat kerjamu.

3. Empati.

Salah satu cara termudah untuk berhubungan baik dengan orang lain yaitu memiliki empati. Tanpa empati, pasti akan cukup kesulitan untuk memahami orang lain, baik itu atasan, teman kerja, atau bahkan klien.

Contoh keterampilan interpersonal yang satu ini mampu membantu kita mengetahui dan memahami perasaan orang lain.
Setiap perusahaan ingin merekrut karyawan yang memiliki empati tinggi dan mampu berbelas kasih kepada orang lain.

Seseorang yang memiliki empati tinggi memang akan membuat tempat kerja menjadi lebih positif. Jadi, jika kamu ingin memiliki banyak teman dan mudah bergaul dengan orang lain, cobalah untuk meningkatkan kemampuan empati ini.

4. Mendengarkan.

Tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik. Namun, jika ingin memiliki banyak teman, Anda harus mampu menjadi pendengar yang baik.

Contoh keterampilan interpersonal yang satu ini penting karena dapat memiliki hubungan yang baik dengan orang lain.
Saat kamu memiliki keterampilan komunikasi yang baik, biasanya juga dibarengi dengan kemampuan yang satu ini.

Sederhana, tetapi tidak semua orang mampu menjadi pendengar yang baik. Dengan memiliki skill ini kamu pasti akan disukai oleh orang lain.

5. Pemecahan masalah.

Kemampuan problem solving adalah kualitas yang harus dimiliki oleh setiap karyawan di tempat kerja. Skill yang satu ini memang terbukti sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Pasalnya, di setiap pekerjaan kamu pasti akan mengalami suatu masalah yang perlu dicari solusinya. Seseorang yang memiliki kemampuan pemecahan masalah, biasanya juga akan mampu berpikir kritis, bernalar logis, serta ulet saat memecahkan masalah. Tanpa memiliki kemampuan yang satu ini, pasti kamu akan kesulitan menangani masalah yang terjadi di berbagai aspek.

6. Kepemimpinan.

Skill kepemimpian juga menjadi salah satu contoh interpersonal skill yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Meskipun kamu bukan seorang manajer atau atasan, sebaiknya tetap harus memiliki skill yang satu ini.

Dengan memiliki keterampilan kepemimpinan tentu akan mempermudah saat harus bekerja sama dalam tim. Seseorang yang memiliki keterampilan kepemimpinan biasanya juga memiliki keterampilan komunikasi, mendengarkan, dan pemecahan masalah yang baik. Jadi mulai sekarang untuk terus meningkatkan keterampilan kepemimpinan ini.

7. Manajemen konflik.

Contoh keterampilan interpersonal lain yang perlu kamu miliki ialah manajemen konflik, terlepas posisimu sebagai manajer atau bukan. Di tempat kerja, konflik pasti akan terjadi baik antarrekan kerja, kamu dengan rekan kerja, atau konflik dengan klien hingga perusahaan.

Dengan kemampuan manajemen konflik, kamu dapat mendengarkan kedua belah pihak yang sedang berkonflik tanpa berpihak. Ujungnya, kamu dapat mengatasi konflik tersebut dengan solusi yang adil dan memuaskan untuk semua pihak.

8. Negosiasi.

Kemampuan negosiasi adalah contoh keterampilan interpersonal lain yang perlu kamu miliki. Dengan kemampuan negosiasi, kamu dapat mencapai win-win solution ketika dihadapkan pada situasi sulit.

Pasti hal tersebut dapat membangun hubungan yang didasari rasa saling menghargai dan menghargai. Untuk memiliki kemampuan ini, kamu harus bisa mendengarkan orang lain dengan baik dan menggunakan pemecahan masalah yang kreatif. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat