visitaaponce.com

Makanan dari Nabati dan Hewani yang Mengandung Protein Tinggi

Makanan dari Nabati dan Hewani yang Mengandung Protein Tinggi
Sejumlah buruh tani memisahkan kacang tanah dengan batangnya usai dipanen di Desa Porame, Sigi, Sulawesi Tengah.(Antara/Basri Marzuki.)

PROTEIN merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai komponen penyusun bagian tubuh, seperti otot, tulang, kulit, dan rambut. Bagian-bagian tersebut seringkali mengalami kerusakan atau regenerasi. 

Untuk memenuhi kebutuhan protein yang tinggi, kita dapat memperolehnya melalui makanan, baik dari nabati maupun hewani. Berikut daftar makanan yang mengandung protein yang tinggi.

Makanan nabati yang mengandung protein 

Nabati merupakan salah satu penghasil protein yang ada. Berikut jenis-jenis nabati yang mengandung protein yang dapat dikonsumsi oleh tubuh.

1. Kacang-kacangan.

Kacang dipercaya menjadi salah satu sumber dari protein. Jenis kacang seperti kacang tanah, almond, dan kacang hijau menjadi salah satu sumber protein yang tinggi dan baik. Dalam 1 gelas penuh berisi kacang almon, terdapat protein sebesar 30 gram. Angka itu setidaknya telah memenuhi separuh kebutuhan protein minimal pria dewasa.

2. Brokoli.

Brokoli ternyata merupakan salah satu penghasil protein nabati yang mudah didapat dan baik untuk dikonsumsi. Pada 100 gram brokoli, setidaknya terdapat 2,5 gram protein.

3. Biji labu.

Biji labu juga menjadi salah satu sumber protein yang berasal dari nabati. Dalam 100 gram biji labu, setidaknya terdapat 18,9 gram protein. Tidak hanya protein, biji labu juga mengandung vitamin C, zat besi, dan kalsium.

Makanan hewani yang mengandung protein

1. Daging sapi.

Olahan daging sapi yang tidak mengandung lemak merupakan salah satu sumber protein hewani yang populer. Dengan olahan yang baik, daging sapi dapat menjadi sumber protein yang besar sekaligus enak. Dalam 85 ons daging sapi, setidaknya mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

2. Daging ayam.

Daging ayam juga menjadi sumber protein hewani yang cukup populer dan umum dikonsumsi untuk memperoleh protein tambahan. Salah satu komponen bagian dari ayam yang mengandung protein yang tinggi ialah dada ayam. Dalam satu dada ayam tanpa lemak, setidaknya terdapat 53 gram protein.

3. Telur.

Telur juga dipercaya menjadi salah satu sumber protein hewani yang mudah untuk dikonsumsi dan mudah untuk diperoleh. Dalam satu butir telur, setidaknya terdapat 8 gram protein. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat