visitaaponce.com

Presiden Dorong Kaum Muda ASEAN Percepat Transformasi Digital

Presiden Dorong Kaum Muda ASEAN Percepat Transformasi Digital
Presiden Joko Widodo(ANTARA)

PRESIDEN Joko Widodo menegaskan bahwa keuntungan demografi ASEAN yang sangat kuat harus dikapitasliasi. Jika itu dilakukan, ia optimistis Asia Tenggara dapat menjadi epicentrum of growth.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat bertemu ASEAN Youth di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (10/11). Optimisme tersebut bukan tanpa alasan. Ia mengungkapkan sebanyak 33% dari populasi ASEAN atau sekitar 225 juta orang adalah anak muda yang tengah menuju atau dalam usia produktif.

Keuntungan itu bisa dikombinasikan dengan penguatan transformasi digital yang kini menjadi salah satu mesin utama pendorong pertumbuhan. “Generasi muda ASEAN harus menjadi bagian penting dari transformasi digital. Sebagai digital native, kaum milenial dan Gen Z adalah pendorong penting untuk percepatan transformasi digital," tutur Jokowi.

Berdasarkan data yang dihimpun, hingga tahun lalu, ASEAN telah memiliki 35 unicorn. Seluruh perusahaan rintis itu telah menghasilkan US$8,2 miliar pada 2020. "Hanya dengan percepatan transformasi digital, ASEAN akan bisa melakukan lompatan besar menjadi negara maju, dengan cepat,” sambungnya.

Selain penguatan ekosistem digital, Jokowi juga mendorong generasi muda untuk memperkuat ekonomi hijau. Perekonomian kawasan, sambungnya, harus bangkit lebih kuat dan pembangunan berkelanjutan bisa menjadi formula yang tepat.

“Pembangunan rendah karbon dan berkelanjutan adalah ekonomi masa depan. Pemuda ASEAN harus menjadi garda terdepan dalam mengusung ekonomi masa depan untuk kawasan yang lebih baik. Pemuda ASEAN dapat menjadi pemimpin perubahan. Partisipasi aktif akan menentukan masa depan ASEAN," jelasnya. (OL-15)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat