visitaaponce.com

Perlu Tindak Lanjut Komitmen G20 untuk Hadirkan Pendidikan Berkualitas

Perlu Tindak Lanjut Komitmen G20 untuk Hadirkan Pendidikan Berkualitas
G20(Ilustrasi)

PRESIDENSI G20 Indonesia telah selesai beberapa waktu lalu dengan menghasilkan berbagai rekomendasi. Di sektor, G20 haris menjadi semangat untuk menghadirkan pendidikan berkualitas bagi semua. 

"Pendidikan berkualitas untuk semua memang bukan kebijakan baru, tapi dari G20 ini kita harapkan ini semakin menguat," ujar Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Unifah Rosyidi dalam Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (23/11). 

Menurut Unifah, menghadirkan pendidikan berkualitas tidak bisa terwujud hanya karena adanya momen G20. Sehingga dibutuhkan tindak lanjut dan komitmen bersama semua stakeholder pendidikan, baik secara nasional maupun global.

Dia menekankan pentingnya transformasi pendidikan yang dilakukan secara menyeluruh. Semua pihak perlu terlibat aktif dan bergotong royong dalam mewujudkan pendidikan masa depan yang lebih baik. "Yang diperlukan adalah transformasi yang menyeluruh dan sistematis," imbuhnya.

Lebih lanjut, Prof. Unifah menjelaskan bahwa setidaknya ada dua faktor yang mendatangkan pendidikan berkualitas secara merata di Indonesia. Pertama adalah instrumen kebijakan. "Jadi kita harus memperbaiki instrumen kebijakan, menata kurikulum sekolah, prose pembelajaran dan asesmen," terangnya.

Faktor kedua ialah peningkatan kompetensi aktor pelaksana pendidiak itu sendiri, dalam hal ini guru dan tenaga kependidikan. Sebab, para aktor inilah yang menjalankan instrumen kebijakan tersebut. 

"Aktor pelaksana ini diantaranya guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga teknis lainnya di lingkungan sekolah, ini yang kita tingkatkan kemampuannya" tandasnya. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat