visitaaponce.com

SMK Khusus Cat Jawab Kebutuhan Industri

SMK Khusus Cat Jawab Kebutuhan Industri
Ilustrasi.(Humaniora)

KINI hadir pendidikan vokasi khusus cat melalui SMK Mitra Industri MM2100 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Jurusan Teknik Kimia Industri (paint technology) dengan fokus paint applicator dan lab technician hadir menunjang pembelajaran mengenai cat di jenjang SMK. 

SMK itu merupakan wujud dari cita-cita APCI (Asosiasi Produsen Cat Indonesia). Sekolah industri cat ini memiliki SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) Nomor 171 Tahun 2020. 

Paint technology diprakarsai langsung APCI dengan kurikulum yang disusun oleh pakar cat. Bahkan tenaga pengajar pun dididukang dari industri cat. Hal ini untuk memaksimalkan pendidikan pengetahuan cat di SMK Mitra Industri MM2100. 

Baca juga : Astra UD Trucks Aktif Cetak SDM Produktif dan Berkualitas di Dunia Otomotif Indonesia

"Ini merupakan sekolah yang memiliki spesialisasi cat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Rancangan pendidikan mencakup tujuan, materi, metode, dan evaluasi yang akan diterapkan dalam pembelajaran," ujar Kris Adidarma selaku Ketua APCI dan CEO PT Propan Raya. Bagi para siswa SMK kelas X akan mendapatkan pembelajaran seputar teknologi pengecatan (paint technology), kemudian cara menguji hasil pengecatan (paint testing: physical testing, chemical testing, performance testing, colour matching, raw material test, QC test), serta teknik pengecatan (spraying, brushing, rolling, electrocoating). 

Pada Kelas XI, siswa akan mempelajari terkait paint manufacturing process (proses formulasi cat), document control, teknologi pengecatan, paint entrepreneurship, coating technology, inspection activity, management laboratory, dan troubleshooting. Di jenjang ini pula, para siswa akan mengikuti program kerja praktik yang dirancang untuk memberikan pengalaman kerja langsung kepada siswa atau mahasiswa di lingkungan profesional yang sesuai dengan bidang studi mereka. Program ini bertujuan menjembatani kesenjangan antara teori yang dipelajari di kelas dengan praktik di dunia kerja. 

Jenjang terakhir terbagi menjadi dua penjurusan yaitu Painting dan Kimia Analis. Harapannya, SMK dengan penjurusan cat ini semakin luas pengetahuan mengenai industri terkait.

Tidak hanya mengembangkan hardskill, SMK ini fokus pada pengembangan softskill para muridnya. Sebut saja, leadership, PDCA, budaya industri, literasi keuangan, hingga digital marketing. Di tahun ajaran 2024/2025, SMK Mitra Industri MM2100 memiliki 50 siswa yang terbagi dalam dua kelas. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat