visitaaponce.com

Apa itu Afirmasi Yuk Simak Pengertian serta Contoh dan Manfaatnya

Apa itu Afirmasi? Yuk Simak Pengertian serta Contoh dan Manfaatnya
ilustrasi afirmasi(medcom.id/pexel)

UNTUK mencapai suatu tujuan, penting bagi kita untuk menciptakan kondisi dimana kita percaya hal tersebut adalah sesuatu yang bisa kita capai. Untuk mencapai sesuatu, hal yang pertama dan paling penting adalah membuat diri kita percaya, bahwa hal tersebut memang bisa dicapai. Hal ini yang disebut juga dengan afirmasi. 

Pengertian Afirmasi

Melansir dari KBBI, afirmasi adalah penetapan yang positif; penegasan; peneguhan atau pernyataan atau pengakuan yang sungguh-sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yang menolak melakukan sumpah. Maka, dapat dipastikan afirmasi adalah suatu pernyataan yang kita sampaikan pada diri sendiri untuk menciptakan kondisi positif atau kondisi yang baik terhadap sesuatu. 

Manfaat Afirmasi

Sebagai suatu pernyataan positif, afirmasi berfungsi sebagai sebuah motivator. Dalam menjalankan sebuah aktivitas atau kegiatan, dengan mengafirmasikan diri kita, kita telah menciptakan sebuah motivasi untuk berpikir dan bertindak positif.

Selain itu, afirmasi juga dapat menciptakan kondisi pikiran dari negatif dan tidak percaya ke arah positif atau percaya diri. Semakin percaya diri orang, akan semakin optimal dan efektif kegiatan yang dia lakukan. Oleh karena itu, afirmasi dapat membantu kita dalam meningkatkan konsentrasi pada suatu kegiatan.

Contoh Afirmasi

Anda dapat menyebutkan hal-hal seperti berikut saat anda ingin menerapkan pikiran yang positif melalui afirmasi;

1. “Tubuhku adalah tubuh yang sehat. Saya memiliki pemikiran yang cerdas dan jiwa yang tentram.”

2. “Saya percaya bahwa saya dapat melakukan hal ini dan mendapatkan hasil yang saya inginkan.”

3. “Segala hal yang terjadi kemarin dan saat ini adalah hal yang terjadi untuk kebaikan diri saya sendiri.”

4. “Saya mengampuni segala kesalahan yang telah dilakukan oleh orang lain kepada saya, dan saya tidak akan menyimpannya dalam hati dan menjadi beban bagi saya.”

5. “Hari ini saya akan melakukan kegiatan saya, dan saya dipenuhi dengan semangat dan energi yang melimpah untuk melakukannya.”

Cara Membuat Afirmasi Positif

Untuk membuat afirmasi yang positif, anda dapat mulai dengan membuat daftar kegiatan dan tantangan yang mungkin akan terjadi. Termasuk tantangan yang telah terjadi dan anda gagal melakukannya. Setelah itu, berdasarkan hal negatif yang berisi tantangan tersebut, bangun sebuah afirmasi positif untuk menciptakan kondisi percaya diri anda.

Lebih lanjut, secara rutin lakukan afirmasi kepada diri anda sendiri, bangun pikiran positif terhadap sesuatu dan bertindak bahwa anda benar-benar percaya pada afirmasi yang telah anda lakukan. Setelah itu, anda akan menerima afirmasi dari orang lain, terima dan respon dengan positif pada diri anda.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat