visitaaponce.com

Ini Amalan Malam Jumat, Sunah Nabi SAW

Ini Amalan Malam Jumat, Sunah Nabi SAW
Seorang umat Islam membaca Al-Qur'an di Masjid Agung Tegal, Jawa Tengah, Senin (4/4/2022).(Antara/Oky Lukmansyah.)


JUMAT termasuk hari sangat istimewa bagi umat Islam, termasuk malam Jumat atau Kamis malam. Banyak kegiatan peribadahan seperti pengajian, tadarus, istighasah, dan sebagainya yang berkaitan dengan memuji kebesaran Allah SWT.

Ada beberapa amalan yang diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ untuk umatnya pada malam Jumat.

Memperbanyak baca selawat

Amalan malam Jumat yang bisa kamu lakukan ialah membaca selawat. Amalan yang satu ini terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW.

"Perbanyaklah selawat kepadaku pada malam dan hari Jumat. Barang siapa yang berselawat kepadaku satu kali, Allah akan berselawat kepadanya 10 kali." (HR Al-Imam Al-Baihaqi)

Rasulullah SAW juga bersabda, "Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat."

"Maka perbanyaklah selawat kepadaku di dalamnya, karena selawat kalian akan disampaikan kepadaku." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa'i)

Membaca surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi ialah amalan malam Jumat untuk wanita. Untuk pria dan wanita sama-sama memiliki kesempatan untuk membaca Al-Kahfi pada hari Jumat. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Al Hakim.

"Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dua Jumat." (Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Kalau tidak bisa membaca satu surat secara langsung, bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Waktu dimulainya dari hari Kamis setelah matahari terbenam sampai hari Jumat matahari terbenam. Hal ini sesuai dengan penanggalan bulan yang digunakan dalam Islam.

Jadi, setelah salat Isya, kita sudah bisa mencicil membaca surat Al-Kahfi. Setelah itu, bisa dilanjutkan setelah salat Subuh dan Zuhur.

Memperbanyak doa

Menjalankan amalan sunah pada Jumat atau malam Jumat dengan bertawakal serta membaca doa akan sangat bermanfaat bagi kaum muslimin. Doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut ialah doa yang senantiasa diberkahi serta dirahmati oleh Allah. 

Sebagaimana dalam beberapa dalil dan hadits yang disebutkan. Rasulullah bersabda, "Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta." Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.

Dalam Islam semua hari itu baik. Hanya karena Jumat diayakini dan diserukan oleh Al-Qur'an sebagai hari yang istimewa, perlakuan yang istimewa pun pasti akan mendapat balasan dari Allah terhadap yang memuliakannya.

Melakukan salat Tasbih

Rasulullah SAW sendiri menyarankan hari Jumat untuk melaksanakan salat tasbih. Sesuai namanya, salat tasbih dilakukan dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali. Adapun tujuan pelaksaan salat khusus ini untuk meminta ampunan pada Allah SWT agar digugurkan segala dosa kita selama hidup di dunia.

Membersihkan diri

Membersihkan diri merupakan bagian dari iman. Nah, di hari Jumat bukan hanya laki-laki, wanita juga disunahkan untuk membersihkan diri.

Adapun sunah membersihkan diri ini terdiri dari:

1. Mandi.
2. Membersihkan kuku dan rambut.
3. Memakai wangi-wangian.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya."

"Dan ketika imam memulai khutbah Jumat, ia diam dan mendengarkannya, akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya." (HR Bukhari dan Muslim)

Selain itu, hendaklah juga menyikat gigi dengan siwak. 

Berkumpul dengan keluarga

Berkumpul bersama keluarga ialah salah satu dari kenikmatan dunia. Selain itu, berkumpul dengan keluarga juga salah satu amalan malam Jumat.

Siapa yang tidak bahagia jika bisa berkumpul bersama keluarga? Ini momen bahagia yang tidak bisa digambarkan dan tergantikan dengan kawan ataupun sahabat. Tentu kita ingin menikmati kenikmatan momen berkumpul ini bisa berlanjut di dalam surga juga. 

Allah berfirman:

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ

"(Yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya," (QS Ar-Ra'du: 23)

Akhir minggu juga merupakan kesempatan bagi setiap anggota keluarga untuk bisa berkumpul. Setelah melaksanakan salat Maghrib berjemaah kita bisa bersama-sama merenungkan pesan-pesan yang didengar selama khutbah salat Jumat.

Manfaatkanlah waktu ini untuk berdiskusi dengan anggota keluarga agar bisa saling meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Semoga kita semua bisa masuk surga bersama dengan keluarga yang kita cintai.

Itulah tadi beberapa amalan malam Jumat untuk wanita. Apa pun yang dilakukan untuk tujuan kebaikan dan diniatkan untuk ibadah, maka kita akan mendapatkan pahala. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat