visitaaponce.com

4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Beserta Rasul yang Menerimanya

4 Kitab yang Diturunkan Allah SWT Beserta Rasul yang Menerimanya
Ilustrasi Al-Quran.(Antara/Sulthony Hasanuddin.)

KITAB suci merupakan tuntunan awal dan keyakinan bagi suatu agama. Dalam Islam, kitab punya dua arti yaitu perintah dan tulisan di atas kertas.

Biasanya yang sering dipakai ialah arti yang pertama. Mengutip kemdikbud.go.id, suhuf atau sahifah berarti wahyu yang diterima oleh nabi-nabi dan rasul Allah SWT yang dikumpulkan, yaitu semacam lembaran atau brosur-brosur kecil.

Kumpulan suhuf itulah yang dinamakan kitab. Bentuknya lebih besar dari suhuf. Suhuf dapat diartikan juga dengan kitab. Para rasul Allah yang menerima suhuf-suhuf tersebut ialah Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan Nabi Musa Alaihi Salam.

Kitab Allah adalah kumpulan firman Allah yang dituliskan. Kitab Allah diturunkan kepada para rasul Allah dengan perantaraan malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat manusia.

Pada awalnya kumpulan firman Allah belum tertulis. Kemudian, para sahabat Rasul menuliskannya pada lempengan batu, kulit, dan tulang. Berikut empat kitab yang diturunkan Allah SWT beserta rasul yang menerimanya.

Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS

Kitab Zabur atau disebut juga Mazmur diturunkan kepada Nabi Daud Alaihi Salam. Zabur diturunkan pada abad 10 SM di daerah Jerussalem.

Kitab ini dijadikan pedoman bagi kaum Nabi Daud. Isinya berupa nyanyian pujian kepada Allah atas segala nikmat ilahiyah.

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa Alaihi Salam pada abad ke-12 SM di bukit Sinai. Bahasa yang digunakan dalam kitab Taurat adalah bahasa Ibrani. 

Kitab ini dijadikan pedoman bagi Bani Israil. Isi pokok dikenal dengan The Ten Commandments (10 perintah Tuhan).

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa AS

Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa Alaihi Salam pada permulaan abad 1 M. Kitab Injil diwahyukan di daerah Jerussalem.

Kitab ini ditulis pada awalnya dengan menggunakan bahasa Suryani. Kitab ini menjadi pedoman bagi kaum Nabi Isa yakni Nasrani. Isi pokok ajaran untuk hidup dengan zuhud yakni menjauhi kerusakan dan ketamakan dunia.

Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia yang diturunkan secara berangsur-angsur. Kitab ini diturunkan pada abad ke-7 M, kurun waktu tahun 611-632 M. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat