visitaaponce.com

BNPB Data Ulang Warga yang belum Terima Bantuan Bencana

BNPB Data Ulang Warga yang belum Terima Bantuan Bencana
Rumah tahan gempa di Lombok Barat, NTB(MI/Yusuf Riaman)

PEMBERIAN bantuan langsung atau renovasi rumah akibat terdampak gempa di beberapa wilayah masih menyisakan masalah.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan jika ada warga yang belum tercantum namanya dalam data penerima bantuan, tidak perlu khawatir, akan dicatat dan diusulkan tahap berikutnya.

Sebagai pembanding, pemberian dana bantuan pemerintah bagi korban terdampak gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu sebanyak 25 tahap.

"Bagi masyarakat NTB 25 tahap, di Cianjur ini baru 3 tahap, akan disisir lagi kalau masih ada yang kurang akan masuk tahap keempat. Karena dalam pendataan akan ada perubahan, apalagi ditambah gempa susulan," ungkap Suharyanto, Kamis (2/2).

Baca juga:  Bantuan Rumah Rusak Tahap I Termin Pertama Gempa Cianjur Banyak Yang Belum Diambil

Sementara itu, pascagempa susulan di Cianjur beberapa waktu lalu yang cukup berdampak, pendataan masih akan terus dilakukan.

"Kemarin ada gempa magnitudo 4,3 yang tadinya rumah rusak ringan menjadi rusak berat, didata lagi, dimasukan lagi," jelas dia.

Suharyanto kembali menegaskan masyarakat diperkenankan membangun rumah secara pribadi namun tetap mematuhi syarat yang telah ditentukan.

"Bagi masyarakat yang alami rumah rusak ringan dan sedang diperbolehkan membuat sendiri, namun tidak boleh asal bangun dan dananya tidak bisa diberikan secara sekaligus sesuai peraturan yang berlaku," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, pemerintah melakukan pembangunan kembali rumah warga, yaitu pembangunan rumah insitu, rumah warga akan dibangun kembali di lokasi yang sama dengan dana yang telah ditentukan oleh pemerintah.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat