visitaaponce.com

Novotel Suites Yogyakarta Malioboro Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana saat Musim Liburan

Novotel Suites Yogyakarta Malioboro Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana saat Musim Liburan
Simulasi penanganan korban bencana gempa bumi di Novotel Suites Yogyakarta Malioboro(Dok.Ist)

MENJADI agenda tahunan rutin, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro kembali menyelenggarakan simulasi bencana. Setelah sebelumnya melakukan training APAR, kali ini Novotel Suites Malioboro mengadakan simulasi bencana gempa bumi pada hari Senin, 24 Juni 2024. 

Acara ini dihadiri oleh seluruh karyawan, tim Emergency Response Team (ERT) Novotel, karyawan Mall Malioboro, serta kelompok tanggap bencana kawasan hotel yang dipimpin langsung oleh BPBD Kota Yogyakarta. Simulasi kali ini berjalan sukses dengan skenario yang sudah dibuat yaitu, evakuasi korban, evakuasi seluruh tamu beserta karyawan diakhiri dengan evaluasi oleh tim asesor dan BPBD Kota Yogyakarta.

Simulasi bencana kali ini dibuka dengan kelas trainee dari BPBD Kota Yogyakarta yaitu penjelasan tentang bencana yang mungkin terjadi hingga cara evakuasi pada setiap bencana. Pada sesi pertama, para karyawan diajarkan cara evakuasi serta penanganan pertama pada korban terluka ketika terjadi bencana alam gempa bumi. Kelas training yang berlangsung sekitar 120 menit ini juga diisi dengan cara pengecekan setiap koridor maupun ruangan dan kamar dengan benar dan efektif ketika terjadi bencana, para karyawan beserta stakeholder melakukan praktik langsung secara bergantian pada setiap sesi. 

Baca juga : BMKG: Waspada Potensi Longsor dan Banjir Bandang akibat Gempa Garut

Sesi terakhir dari pelatihan kali ini, Novotel Suites Malioboro beserta tim BPBD Kota Yogyakarta melakukan simulasi bencana alam dengan konsentrasi utama yaitu evakuasi mandiri dan evakuasi korban terluka akibat gempa bumi yang juga diikuti oleh beberapa tamu yang menginap. Simulasi bencana gempa bumi kali ini berjalan lancar serta kondusif dengan pengawasan dari team asesor dan BPBD Kota Yogyakarta.

Pelagia Puspa Agrippina selaku ketua dari tim Emergency Response Team (ERT) Novotel Suites Malioboro menyatakan “Pelatihan kali ini adalah refreshment untuk kami, baik tim ERT maupun seluruh karyawan dan stakeholder karena sudah menjadi bagian rutin dari kami untuk mengadakan trainee tanggap bencana, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro akan terus berupaya untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi keselamatan seluruh tamu, karyawan dan komunitas sekitarnya”. 

Novotel Suites Yogyakarta Malioboro berharap pelatihan rutin ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan keterampilan seluruh peserta dalam menghadapi situasi darurat. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat