visitaaponce.com

Malioboro Terapkan Sistem Buka-Tutup Arus Lalu Lintas Selama Libur Nataru

Malioboro Terapkan Sistem Buka-Tutup Arus Lalu Lintas Selama Libur Nataru
Kawasan Malioboro, DIY, ramai dikunjungi wisatawan saat libur Natal berbarengan dengan libur sekolah, Selasa (26/12).(Metro TV)

KAWASAN Malioboro di Yogyakarta menjadi daerah populer tujuan wisata selama libur Natal dan Tahun Baru. Satlantas Polresta Yogyakarta pun telah memberlakukan buka-tutup arus kendaraan yang hendak melintas di Jalan Malioboro, terutama untuk kendaraan roda empat.

"Di Gardu Aniem kami berlakukan buka-tutup arus kendaraan. Jadi selama arus kendaraan masih belum padat, nanti yang dari Jalan Mataram bisa langsung masuk ke Malioboro," papar AKP Maryanto, Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Selasa (26/12). 

Namun, jika arus lalu lintas padat, kendaraan akan diarahkan menuju Pasar Kembang, tidak memasuki Jalan Malioboro. Ia menjelaskan, pengaturan arus lalu lintas tersebut diberlakukan secara situasional.

Baca juga : Yogyakarta Gelar Pesta Kembang Api saat Libur Natal dan Tahun Baru

Saat ini, lanjut dia, kapadatan arus lalu lintas sudah menurun dibanding puncaknya pada 23 Desember 2023. Skema ini buka-tutup arus kendaraan ini akan diberlakukan saat libur akhir tahun 2023.

"Kami masih terus bekerja, anggota masih berjaga di masing-masing pos dan di lapangan untuk melakukan patroli," papar dia.

Baca juga : Jelang Natal dan Tahun Baru, Becak Listrik Diluncurkan di Malioboro

Sebelumnya, di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan mengatakan, Operasi Lilin Progo 2023 berlangsung selama 12 hari, terhitung sejak tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2023.

"Langkah pertama yang kami tempuh adalah bagaimana menciptakan keamanan, keselamatan, dan ketertiban dalam berlalu lintas. Karena itu kami mengatur betul lalu lintas di Yogyakarta ini, termasuk membuat rekayasa lalu lintas, utamanya jelang pergantian tahun nanti untuk mengurai kemacetan," papar dia.

Langkah selanjutnya, pihaknya melaksanakan operasi keamanan untuk mengantisipasi kejahatan atau gangguan yang berpotensi terjadi di tengah masyarakat.

Terkait rekayasa lalu lintas pada malam tahun baru nanti, Suwondo mengatakan, pihaknya berencana memberlakukan car free night untuk sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik 0KM sejak pukul 18.00 WIB hingga 05.00 WIB. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat