visitaaponce.com

1.626 Personel Amankan Demo Buruh di Istana, Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas

1.626 Personel Amankan Demo Buruh di Istana, Polisi Siapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas
Ilustrasi : Apel Pasukan Polri(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak )

POLISI mengerahkan sebanyak 1.626 personel gabungan untuk mengamankan unjuk rasa buruh terkait penolakan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) pada Kamis (6/6) siang ini.

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 1.626 personel yang nantinya akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Kamis (6/6).

Susatyo meminta massa aksi untuk mematuhi aturan yang ada dalam melakukan aksi unjuk rasa. Dia meminta massa untuk memperhatikan hak masyarakat lainnya agar aksi berjalan lancar.

Baca juga : Polisi Siapkan Rekayasa Lalin Imbas Demo Buruh di Depan Kemenaker

"Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif," kata dia.

"Seluruh personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api. Tidak ada gerakan lainnya, perintah dan kendali dari saya sebagai Kapamwil. Selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," imbuhnya.

Susatyo mengatakan pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait aksi unjuk rasa yang ada. Namun demikian, rekayasa bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan.

Baca juga : H-7 Lebaran Polri Gelar Operasi Ketupat 2023

Presiden Partai Buruh sekaligus Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan ribuan buruh akan menggelar aksi unjuk rasa untuk menolak program iuran Tapera di depan Istana, Jakarta hari ini, Kamis (6/6)

"Ribuan buruh yang akan melakukan aksi ini berasal dari Jabodetabek dan berbagai organisasi serikat pekerja seperti KSPI, KSPSI, KPBI, dan juga Serikat Petani Indonesia (SPI) serta organisasi perempuan PERCAYA," kata Said dalam keterangan tertulis

Berikut Rekayasa Lalu Lintas yang disiapkan:

Baca juga : Aksi Buruh, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin Kawasan Patung Kuda Dan DPR

- TL Harmoni ditutup, jalan yang menuju Jalan Merdeka Barat.

- Jalan Perwira, lalu lintas yang mengarah Jalan Merdeka Utara ditutup.

- Jalan Abdul Muis dan Jalan Merdeka Selatan ditutup.

- TL Sarinah, lalu lintas yang menuju Jalan Merdeka Barat ditutup. (Fik/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat