visitaaponce.com

Perbaikan Sektor Kesehatan dan Pendidikan Jadi Tugas Besar Menuju Indonesia 2045

Perbaikan Sektor Kesehatan dan Pendidikan Jadi Tugas Besar Menuju Indonesia 2045
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa(ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MENTERI PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Indonesia masih punya tugas besar di sektor kesehatan dan pendidikan untuk menuju visi Indonesia Emas 2045. Hal ini dikatakan menjadi kegelisahan baginya.

"Kita masih punya PR untuk mengeliminasi malaria dan kusta di ratusan kabupaten/kota Indonesia. Hari ini, kita nomor 3 kusta di dunia dan kita juga nomor 2 TBC di dunia. Angka imunisasi juga masih rendah dan itu yang mengantarkan bayi kita stunting. Studi dari Universitas Airlangga menyatakan bahwa bayi yang tidak mendapatkan imunisasi dengan baik, lebih besar peluangnya kena stunting," ungkapnya dalam acara Inisiasi Bersama Visi Indonesia 2045 di Jakarta, Kamis (9/2).

Menurut Suharso, masa depan Indonesia harus sehat dan desain kesehatan itu menjadi sangat penting. Pendekatan yang harus dilakukan terkait desain kesehatan ini adalah tidak hanya menyoal kemampuan penduduk membiayai kesehatan, tapi juga tingkat ketersediaan infrastruktur dan sumber daya manusia.

"Soal infrastruktur itu harus tersedia, begitu juga dokter dan perawat. Sembilan tenaga kesehatan harusnya sudah ada di seluruh puskesmas di Indonesia, tapi sampai saat ini belum semua. Makanya kita harus memperbaiki Puskesmas dan Posyandu," kata Suharso.

Baca juga: Menteri Suharso Monoarfa : Ekonomi Kepri Melaju Lebih Pesat dengan Enam Strategi Sumber:

Selain itu, dia juga menyoroti sekolah dasar (SD) di Indonesia yang dikatakan belum memiliki standar yang baik. Menurutnya, SD inpres pada zaman dulu lebih baik daripada zaman sekarang.

"SD inpers seperti dulu lebih baik, karena saat ini SD kita tidak terstandar dengan baik," tuturnya.

Menurutnya, sektor kesehatan dan pendidikan yang terstandar dari dasar merupakan hal yang perlu mengalami desain ulang. Pasalnya, dua sektor ini dikatakan akan sangat penting untuk memperbaiki generasi masa depan Indonesia.

"Jadi perlu didesain dua trek ini mengenai kesehatan dan terdidik dari dasar. Karena kalau tidak, kita akan alami satu generasi yang hilang. Ini menurut saya yang sedang kita coba susun," tandas Suharso. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat