visitaaponce.com

BPIP dan Kemendgari Gelar Bimtek Aplikasi Sistem Perekrutan dan Seleksi Paskibraka

BADAN Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Transformasi Sistem Perekrutan dan Seleksi Paskibraka (Transparansi Paskibraka).

Kegiatan ini melibatkan seluruh Staf Badan Kesbangpol yang akan menjadi operator aplikasi untuk mendukung pelaksanaan Pembentukan Paskibraka di seluruh Indonesia.

 Aplikasi ini merupakan upaya BPIP untuk melakukan digitalisasi pelayanan publik Pembentukan Paskibraka, khususnya untuk mewujudkan sistem rekrutmen dan seleksi Pembentukan Paskibraka yang lebih berkeadilan, transparan dan akuntabel.

Sebanyak lebih dari 500 peserta dari Provinsi dan Kabupaten/Kota mengikuti Bimtek yang mencakup pembekalan pengoperasian dan simulasi penggunaan aplikasi Transparansi Paskibraka.

Bimtek aplikasi Transparansi Paskibraka dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Dr. Rima Agristina, SE, SH, MM.

Dalam pembukaannya, Rima menyampaikan berdasarkan Perpres Nomor 51 tahun 2022 tentang Program Paskibraka, bahwa Program Paskibraka tersebut meliputi Pembentukan Paskibraka, Pelaksanaan tugas Paskibraka, Pengangkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila, Pelaksanaan tugas Purnapaskibraka Duta Pancasila, Pembinaan lanjutan kepada Purnapaskibraka Duta Pancasila, Pembinaan terhadap Aktivitas Kepaskibrakaan dan Purnapaskibraka.

Baca juga: Wakil Kepala BPIP Karjono: Pancasila Kuat, Indonesia Hebat

Rima menambahkan, diharapkan dengan adanya bimtek aplikasi ini dapat meningkatkan partisipasi jumlah peserta rekrutmen dan seleksi calon Paskibraka dari para pelajar Sekolah Menengah Atas atau Sederajat.

Pemanfaatan aplikasi Tranparansi Paskibraka pada proses Pembentukan Paskibraka diharapkan dapat meningkatkan transparansi proses rekrutmen seleksi Paskibraka di seluruh Indonesia, karena BPIP dapat memantau seluruh proses yang sedang dilaksanakan di daerah melalui aplikasi tersebut.

“Kegiatan Bimtek ini adalah salah satu wujud gotong royong, dalam penyiapan kaderisasi calon pemimpin Indonesia masa depan yang berkarakter Pancasila melalui Program Paskibraka,” ujar Rima.

Pengoperasian aplikasi Transparansi Paskibraka pada esensinya, menghantarkan calon-calon pemimpin Indonesia masuk dalam sistem yang akan memberdayakan, membina, dan menggembleng calon-calon Paskibraka untuk menjadi pemimipin masa depan yang unggul dan berkarakter Pancasila.

“Bapak/Ibu, diharapkan mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh untuk memahami bagaimana sistem ini digunakan. Mudah-mudahan ini tidak saja menjadi penambahan keahlian, tetapi ini menjadi ibadah yang terbesar bagi Bapak/Ibu semua. Melalui keahlian Bapak/Ibu inilah yang akan menghantarkan anak-anak kita menjadi calon pemimpin Indonesia masa depan,” tutupnya.

Hadir pada kegiatan Bimtek, Dewan Pakar BPIP Bidang Geopolitik dan Geostrategi Manajemen Pemerintahan, Direktur Pengendalian BPIP, Direktur Evaluasi BPIP dan Jajaran Pelaksana Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI). (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat