visitaaponce.com

Ini Penambah Nafsu Makan Alami untuk Anak

Ini Penambah Nafsu Makan Alami untuk Anak
Ilustrasi(baby-chick.com)

KEHILANGAN nafsu makan pada anak merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orangtua. Masalah tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cemas, stres atau penyakit tertentu.

Dalam jangka waktu yang panjang, kehilangan nafsu makan dapat menyebabkan berat badan kurang dari normal dan meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan.

Cari Meningkatkan Nafsu Makan

1. Konsumsi suplemen vitamin penambah nafsu makan

Kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis suplemen penambah nafsu makan seperti zinc, multivitamin, minyak ikan, dan echinacea. Disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen penambah nafsu makan.

2. Rajin berolahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membakar kalori dan menguras energi, sehingga tubuh akan merasa lapar dan butuh makan. Olahraga juga membantu tubuh melepaskan zat kimia di otak yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan merangsang nafsu makan.

3. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Makanan dengan porsi besar cenderung membuat seseorang tidak selera, terlebih orang yang sedang tidak nafsu makan. Untuk menyiasatinya, coba bagi porsi 3 kali makan besar menjadi 6–7 porsi kecil dalam sehari dan jangan melewatkan sarapan pagi untuk menambah nafsu makan.

4. Hindari minum banyak air sebelum atau saat makan

Minum air sebelum makan atau di sela-sela makan dapat membuat perut terasa penuh, sehingga nafsu makan berkurang. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk membatasi konsumsi air paling tidak 30 menit sebelum makan.

5. Sediakan makanan kesukaan anak

Sediakan stok makanan kesukaan anak di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau agar anak lebih tergoda untuk memakannya. Trik lainnya, cobalah melihat foto atau video makanan dan masakan. Cara ini bisa menggugah dan menambah nafsu makan anak juga.

6. Siapkan makanan yang menarik

Untuk menambah nafsu makan, coba buat makanan anak terlihat lebih menarik. Contohnya, makanan yang berwarna-warni bisa membuat anak menjadi ingin makan, meskipun tidak merasa lapar.

Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

a. Jahe
b. Yoghurt
c. Minyak ikan
d. Kacang-kacangan
e. Kentang
f. Wortel
g. Alpukat
h. Sereal
i. Daging-dagingan
j. Bayam
k. Apel dan pisang
l. Makanan favorit anak

(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat