visitaaponce.com

HPSN 2023, KLHK Ajak Masyarakat Mengompos Bersama di 25 Februari

HPSN 2023, KLHK Ajak Masyarakat Mengompos Bersama di 25 Februari
Pembuatan kompos di rumah Sobirin, Bandung, Jawa Barat.(MI/Sumaryanto)

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk melakukan pengomposan mandiri. Hal itu dilakukan agar mengurangi jumlah timbulan sampah organik yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Nanti tanggal 25 Februari, bersama dengan Bu Menteri LHK Siti Nurbaya, kita akan mengajak seluruh Indonesia untuk melakukan pengomposan bersama-sama dalam rangka Compost Day," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, pada Selasa, 21 Februari 2023.

Ia membeberkan, pada 2022 komposisi sampah organik mencapai 41,27% dan sampah ini bersumber dari sampah Rumah tangga mencapai 38,28% ?

Vivien menegaskan, jika setiap rumah tangga melakukan komposting sampah organik, maka akan ada 10,92 juta ton sampah organik setiap tahunnya tidak berakhir di TPA. Selain itu hal tersebut juga berpotensi menurunkan emis gas rumah kaca 6,834 juta ton CO2 ekuivalen.

Vivien menegaskan bahwa kesadaran dan inisiatif masyarakat untuk mengelola sampah sangatlah penting. Pasalnya, pengelolaan sampah bukan hanya urusan pemerintah maupun pemerintah daerah saja, tapi juga tanggung jawab semua pihak.

"Ketika kita punya mindset yang baik bahwa misalnya kita melakukan sesuatu dan kita menghasilkan sampah. Kita makan gak habis saja kita bsia menghasilkan sampah. Dan ketika kita punya budaya memilah sampah dengan baik, maka sampah itu bisa dikelola dan digunakan kembali," ucap dia. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat