visitaaponce.com

Merawat Lingkungan Jadi Tema Natal, Praktisi Semoga Bisa Menginspirasi

Merawat Lingkungan Jadi Tema Natal, Praktisi: Semoga Bisa Menginspirasi
Warga menata botol bekas untuk dijadikan pohon Natal di Gereja Katolik Santo Matius Penginjil, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.(Antara)

Pakar dan Praktisi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dari IPB University, Arief Sabdo Yuwono, menilai tema Natal pada tahun ini, yaitu mengajak sesama manusia merawat lingkungan, merupakan terobosan baru. Itu menjadi langkah positif yang disuarakan dari organisasi keagamaan.

"Bagus sekali kalau ajakan melestarikan lingkungan itu juga disuarakan lewat saluran organisasi keagamaan. Saya sangat mendukung upaya positif ini," kata Arief saat dihubungi, Senin (25/12).

Sebagaimana diketahui, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) mengusung tema Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi pada Natal tahun ini. Tema itu diambil dari Lukas 2:14. Tema itu mengajak sesama manusia agar merawat lingkungan dan berdamai dengan alam sekitar.

Baca juga: Tahanan Diizinkan Rayakan Natal, KPK: Hak Dasar Insan Beragama

Arief berharap langkah tersebut juga bisa diikuti oleh organisasi keagamaan lainnya. Dalam Islam, seruan melestarikan lingkungan sudah sering disampaikan melalui mimbar-mimbar yang beragam, mulai dari kajian tafsir Alquran, pembahasan hadits nabi, perilaku hidup Rasulullah, dan sebagainya.

"Umat beragama lain, bila dapat juga memperkuat upaya seperti ini, akan membawa dampak sangat besar dengan catatan bahwa tokoh agama telah berbuat terlebih dahulu sebelum menyerukan ajakan ini ke umatnya," ujar dia.

Baca juga: Polda Metro Jaya Amankan 1.807 Gereja di DKI Jakarta dan Sekitarnya

"Jangan sampai hanya jadi isapan jempol, pemimpin umat beragama menyerukan sebuah ajakan yg dia sendiri blm atau tidak melakukannya," tambahnya.

Dengan tema tersebut diharapkan program PGI KWI membawa dampak positif yang terukur bagi umat manusia. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat