visitaaponce.com

Tahanan Diizinkan Rayakan Natal, KPK Hak Dasar Insan Beragama

Tahanan Diizinkan Rayakan Natal, KPK: Hak Dasar Insan Beragama
Ilustrasi para tahanan merayakan natal(Antara)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan fasilitas perayaan Natal untuk para tahanannya. Kesempatan itu diberikan untuk memenuhi hak dasar insan beragama.

“Fasilitasi ibadah dan kunjungan khusus ini sebagai wujud penghormatan terhadap hak-hak dasar bagi setiap insan beragama, termasuk bagi tahanan KPK,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin (25/12).

ia mengatakan perayaan Natal bagi tahanan KPK dimulai pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Ibadah dilakukan terpusat di Gedung Merah Putih Lembaga Antirasuah.

Baca juga: Tahanan KPK Diberi Kesempatan Rayakan Natal Bareng Keluarga

“Untuk Rutan di Puspomal diselenggarakan tersendiri,” ucap Ali.

Pemberian fasilitas Natal ini selaras dengan Pasal 5 pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Lembaga Antirasuah harus memberikan kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Penghormatan terhadap hak asasi manusia yang dijadikan landasan KPK memberikan izin bagi para tahanan menjalankan ibadah Natal. Keluarga mereka juga bisa berkunjung di pagi hari. Kunjungan hanya diperbolehkan bagi keluarga inti, yaitu pasangan, anak, dan orang tua.

Baca juga: 15.922 Narapidana Terima Remisi Khusus Natal Tahun 2023

“Hanya keluarga inti dari tahanan yang diperkenankan berkunjung,” ucap Ali.

Kunjungan Natal bagi keluarga tahanan bisa dilakukan mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Satu tahanan diperbolehkan menerima tiga pengunjung. Keluarga tahanan juga diperbolehkan memberikan makanan, namun itu tidak bisa dibawa bersamaan dengan kunjungan. Boks makanan bisa diberikan mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat