visitaaponce.com

Flu Burung Merebak, Kementan Diminta Bergerak Cepat Cegah Penyebaran

Flu Burung Merebak, Kementan Diminta Bergerak Cepat Cegah Penyebaran
Peternakan ayam potong.(MI/Lina Herlina)

HINGGA kini, belum ada laporan kasus flu burung (Avian Influenza) di Jawa Tengah. Walau demikian, peternak unggas di Jateng merasa khawatir karena wabah tersebut sudah mulai masuk ke Indonesia.

Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jawa Tengah Suwardi, Kamis (2/3) mengatakan munculnya wabah flu burung memang cukup mengkhawatirkan bagi peternak, sehingga diminta untuk waspada apalagi cuaca dengan intensitas hujan tinggi cukup rawan muncul penyakit pada unggas.

"Kita mengharapkan Kementerian Pertanian (Kementan) segera bergerak cepat mengantisipasi penularan wabah flu burung atau Avian Influenza (AI)," kata Suwardi.

Dengan mulai munculnya wabah flu burung, demikian Suwardi, Kementan perlu menyikapi dengan serius hal ini agar jangan sampai menjalar ke Jawa Tengah yakni dengan memberikan bantuan obat vaksin AI dan obat biosekuriti untuk penyemprotan kandang sekaligus meningkatkan kebersihan lokasi peternakan.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Jawa Tengah Rahmah Nur Hayati mengungkapkan hingga saat ini belum ada laporan terkait penyakit flu burung yang menginfeksi manusia di 35 kabupaten dan kota di Jateng.

Dinas Kesehatan Jawa Tengah, lanjut Rahmah, bersama Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan dan Dinas SDA (BKSDA) telah melakukan langkah antisipasi yakni sosialisasi ke kabupaten dan kota untuk tingkatkan kewaspadaan, survailans/pemantauan serta kesiapsiagaan fasilitas kesehatan. (OL-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat