visitaaponce.com

Berdayakan Mustahik, Baznas Luncurkan Balai Ternak Domba di Magelang

Berdayakan Mustahik, Baznas Luncurkan Balai Ternak Domba di Magelang
Peluncuran program Balai Ternak Domba.(Dok Baznas)

BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) RI meluncurkan program Balai Ternak Domba milik kelompok ternak binaan Berkah Barokah Farm di Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, sebagai upaya memberdayakan mustahik dan mengembangkan ekonomi lokal.

Balai Ternak merupakan program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor peternakan. Balai Ternak ini memadukan konsep perbibitan ternak dan penggemukan ternak dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan peternak kecil.

Hadir dalam peluncuran Balai Ternak Domba di Magelang, Minggu (12/5) antara lain, Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA., Ketua Baznas Jawa Tengah Drs. KH. Ahmad Daroji, serta Ketua Baznas Kabupaten Magelang KH. M Kholid As'adi.

Baca juga : Baznas Luncurkan Balai Ternak di Kabupaten Pacitan

Hadir pula, Pj. Bupati Magelang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Sosial dan SDM H. Azis Amin Mujahidin, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Joni Indarto, SSTP, MM, Kepala Kankemenag Magelang Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed., serta perwakilan ormas Islam.

“Sesuai dengan namanya Berkah Barokah Farm, semoga Balai Ternak ini membawa keberkahan yang banyak dan mampu memberdayakan mustahik, sesuai dengan arah tujuan Baznas mengembangkan mustahik menjadi muzaki,” ujar Kiai Noor.

Kiai Noor menjelaskan, Balai Ternak Domba di Magelang memakai konsep perbibitan dan penggemukan ternak yang dijalankan dengan tujuan untuk peningkatan populasi dan peningkatan secara ekonomi atau kemandirian peternak mustahik.

Baca juga : Tingkatkan Kesejahteraan Mustahik, BAZNAS RI Luncurkan Balai Ternak di Sumedang

“Di Balai Ternak Domba di Magelang ini terdapat 151 domba dengan rincian 75 indukan, 75 bakalan jantan, dan 1 pejantan dorper yang dipelihara oleh 15 peternak. InsyaAllah pejantan di Balai Ternak ini didatangkan langsung dari Australia,” tambahnya.

Menurut Kiai Noor, pertimbangan pemilihan wilayah di Magelang adalah karena potensi dalam bidang peternakaan ternak kecil domba yang kian menjamur. Hal ini didukung oleh potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. 

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Sosial dan SDM H. Azis Amin Mujahidin, S.Pd., M.Pd., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Baznas atas kolaborasi peluncuran Balai Ternak di Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Baca juga : Berbagi Bahagia di Bulan Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Manado Serahkan 1.000 Paket Sembako kepada Mustahik

“Saya atas nama pribadi dan masyarakat Kabupaten Magelang mengucapkan terima kasih kepada Baznas yang telah memiliki Kabupaten Magelang sebagai sasaran pengentasan kemiskinan untuk memberdayakan masyarakat,” kata Azis membacakan sambutan Pj. Bupati Magelang.

Menurutnya, program Balai Ternak Baznas sejalan dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Magelang untuk mencapai kemandirian ekonomi yang sejahtera untuk semua warganya.

“Hadirnya Baznas dapat menjadi solusi alternatif dalam upaya menyejahterakan masyarakat melalui zakat sebagai instrumen ekonomi untuk mengatasi segala bentuk kemiskinan dan kesenjangan sosial. Karenanya, kami berharap program Balai Ternak Baznas dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Baca juga : ZCorner Baznas Dorong Ekonomi UMKM Mustahik

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Magelang KH. M Kholid As'adi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua dan Pimpinan BAZNAS karena telah meluncurkan secara resmi Balai Ternak Berkah Barokah Farm di Magelang.

“Berkah Barokah Farm merupakan salah satu dari Balai Ternak dari Baznas yang ke-28 dari 35 Balai Ternak yang dikembangkan Baznas. Di Balai Ternak Berkah Barokah Farm ini memiliki populasi 151 domba yang mana pejantannya didatangkan langsung dari Australia,” katanya.

Dia berharap kehadiran Balai Ternak Domba Berkah Barokah Farm bisa bermanfaat bagi peternak maupun masyarakat di Kabupaten Magelang, sehingga bisa menjadi salah satu penunjang meningkatnya kesejahteraan masyarakat. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat