visitaaponce.com

Ini Daftar Tes Saat Medical Check Up dan Hal yang Dilakukan Sebelumnya

Ini Daftar Tes Saat Medical Check Up dan Hal yang Dilakukan Sebelumnya
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan(ANTARA FOTO/Asprilla Dwi A)

MEDICAL check up (MCU) merupakan salah satu pemeriksaan yang perlu dilakukan secara rutin untuk mendeteksi adanya kemungkinan penyakit dalam tubuh. Hasil pemeriksaan kesehatan dipengaruhi dengan apa yang kamu makan atau kegiatan yang kamu lakukan sebelumnya. Itulah sebabnya ada serangkaian persiapan sebelum medical check up yang wajib dilakukan. Persyaratan tersebut bersifat wajib dilakukan agar hasil pemeriksaan menjadi akurat.

Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan ketika kalian melakukan medical check up di antaranya sebagai langkah pencegahan primer sebelum muncul masalah kesehatan, mengidentifikasi faktor risiko penyakit kronis umum dan mendeteksi penyakit yang tak menunjukkan gejala secara jelas (pencegahan sekunder).

5 Hal Penting yang dilkukan saat Medical Check Up

Lantas, apa saja tes yang akan dijalani saat medical check up? Berikut informasi selengkapnya.

1. Pemeriksaan Kesehatan Umum

Untuk tahap awal, kalian akan menjalani pemeriksaan kesehatan secara umum seperti pemeriksaan tekanan darah, tes darah, hingga tes urine. 

2. Pemeriksaan Kolesterol

Pemeriksaan kolesterol sangat penting. Hal itu dikarenakan tingkat kolesterol setiap orang berbeda, tergantung pada gaya hidup masing-masing. Oleh karena itu, dokter umum merekomendasikan pelaksanaan tes kolesterol sebagai pencegahan terhadap gangguan kesehatan kritis seperti serangan jantung.

Mengingat gejala kolesterol tinggi juga tidak spesifik dan acapkali tidak terasa, pemeriksaan ini dapat memastikan kadar kolesterol apakah dalam kondisi normal atau tidak. Setelah itu, dokter akan melakukan penanganan selanjutnya bila kadar kolesterol tidak dalam batas normal. 

3. Pemeriksaan Mata

Pemeriksaan mata bertujuan untuk mencegah dan menangani lebih dini penyebab kebutaan seperti glaukoma yang rentan terjadi khususnya pada lansia berusia di atas 40 tahun. Lantaran gejalanya yang cenderung tidak terlihat sampai stadium parah, penting untuk mendeteksinya tepat waktu.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata setidaknya sekali tiap lima tahun. Pemeriksaan dilakukan untuk meninjau ketajaman visual, bidang visual, tekanan mata, dan apakah ada kerusakan saraf atau tidak.

Tak hanya bagi kalangan lansia, medical check up mata juga penting bagi kalangan muda dan dewasa muda untuk mengetahui kondisi kesehatan mata, terutama untuk mereka yang sudah mengalami gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, dan sebagainya. 
 
4. Tes Pendengaran

Tujuan tes pendengaran adalah untuk mengevaluasi sensitivitas pendengaran. Umumnya, para dokter merekomendasikan agar melakukannya setiap tahun, khususnya bagi kalangan lansia yang berusia di atas 50 tahun. Adapun rangkaian pemeriksaan pendengaran terdiri dari tes otoskopi, audiometri nada murni, dan audiometri bicara.
 
5. Medical Check Up Lengkap

Pihak rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan biasanya memiliki paket medical check up yang berbeda-beda termasuk pemeriksaan lengkap dan menyeluruh. Secara umum, medical check up lengkap terdiri dari beberapa pemeriksaan berikut:

- Cek fungsi jantung dengan EKG.
- Pemeriksaan laboratorium.
- Pemeriksaan radiologi.
- Pemeriksaan kolesterol.
- Pemeriksaan gula Darah.
- Pemeriksaan fungsi ginjal.
- Pemeriksaan fungsi hati.
- Dilengkapi dengan pemeriksaan berat badan, tes asam urat, dan tekanan darah. Bisa disesuaikan dengan gejala pasien (bila ada). 

Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Medical Check Up

Sehari sebelum melakukan prosedur MCU, Kamu wajib memperhatikan aktivitas dan asupan gizi agar hasil evaluasi kesehatan cukup memuaskan. Nah, apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan Medical Check Up?

1. Tidur cukup, minimal selama 6 jam. Kurang tidur akan mengganggu kerja jantung, suhu tubuh, dan tekanan darah. 

2. Melakukan puasa 8-10 jam sebelum MCU untuk menetralkan kadar gula darah dan kolesterol. Namun, Anda tetap bisa mengkonsumsi air putih. 

3. Hindari konsumsi alkohol dalam kurun waktu 24 jam.

4. Bagi penderita hipertensi, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah obat-obatan dapat dikonsumsi menjelang MCU.

5. Apabila memiliki penyakit kronis, jangan lupa untuk membawa catatan medis dan diagnosis dari dokter. 

6. Bagi wanita yang ingin melakukan pap smear, jangan lakukan di 7 hari sebelum atau sesudah menstruasi. Dikhawatirkan hasil akan tidak akurat karena kerja hormon. 

7. Bagi ibu hamil, lewati prosedur yang mengharuskan untuk X-Ray atau paparan sinar radiasi lainnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat